Cerita Yoana Ervina, Wisudawan Termuda di Universitas Brawijaya dari Situbondo

Rabu, 04 Oktober 2023 - 06:35 WIB
loading...
Cerita Yoana Ervina, Wisudawan Termuda di Universitas Brawijaya dari Situbondo
Universitas Brawijaya (UB) meluluskan wisudawan termudanya di usia 20 tahun bernama Yoana Ervina Febriyanti, Foto/Istimewa.
A A A
MALANG - Universitas Brawijaya (UB) meluluskan wisudawan termudanya di usia 20 tahun. Peserta wisudawan bernama Yoana Ervina Febriyanti dari Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan (FPIK) kampus Kediri ini juga menyabet sebagai salah satu dari tiga wisudawan terbaik Universitas Brawijaya.

Sosok Yoana menyita perhatian ketika menjalani prosesi wisuda pada Minggu (1/10/2023) lalu karena usianya masih 20 tahun. Ia merupakan salah satu mahasiswa dari Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Kediri menyabet Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,63 atau sangat memuaskan dan menjadi wisudawan termuda sepanjang sejarah UB.

“Saya tidak mengikuti program akselerasi apapun, dulu saya masuk SD usia 4 tahun,” ujar Yoana Ervina, melalui keterangan tertulisnya.

Sudah Bisa Baca Tulis Sejak SD

Ia masuk SD lebih awal karena pada saat itu sudah bisa baca dan tulis secara lancar. Dirinya sendiri sudah punya keinginan yang kuat untuk sekolah, sehingga orang tua mendaftarkannya sekolah. Selalu menjadi yang termuda di sekolah merupakan tantangan tersendiri bagi Yoana. Ia pernah dianggap terlalu kekanak-kanakan oleh teman seangkatannya.

Tapi ia menyadari itu konsekuensi yang harus dihadapi. Karena kebutuhan bermainnya harus terlewat sebab tuntutan pelajaran yang harus dipenuhi. Justru hal itu membuat mentalnya diakui kian kuat.

“Namun positifnya saya jadi bisa belajar bersikap dewasa. Bersikap tetap senang, masih bisa beradaptasi dan berkomunikasi dengan baik ke teman - teman,” tuturnya.

Baca juga: Mengenal PISM ITB, Kuliah S1-S2 Hanya 5 Tahun dan Tersedia Beasiswa GTA

Menulis Skripsi tentang Pengolahan Udang Vaname Beku


Wanita asli Situbondo ini menyelesaikan studinya dengan skripsi tentang analisis kelayakan usaha pengolahan udang vaname masak beku di salah satu perusahaan di kotanya. Perusahaan yang ditelitinya melakukan pembekuan udang vaname untuk tujuan ekspor ke Jepang, Australia, Amerika Serikat, Kanada dan negara-negara di Eropa sejak 2004 sampai sekarang.

Jajal Buka Bisnis Kuliner


Sejalan dengan prodi yang dipilihnya yang membuatnya belajar analisa usaha, ia juga membuka bisnis di bidang kuliner.

"Membuka usaha bersama kakak dan adik, usaha banana roll yang diberi nama “bananabooth”. Usaha ini sudah jalan selama empat tahun. Tapi saya tetap memasukkan lamaran ke beberapa tempat," katanya.

Stanley Wisudawan Terbaik dari Fakultas Kedokteran


Sementara itu, wisudawan terbaik lainnya Stanley dari Fakultas Kedokteran (FK) mengaku ada trik khusus sehingga mampu meraih hasil terbaik di wisuda. Ia mengatakan selalu menetapkan target yang harus ditempuh setiap akan mengambil mata kuliah baru.

“Biasanya ada target belajar yang saya buat per hari, sehingga ketika mulai ujian tidak terlalu berat karena harus belajar dari nol," ucap Stanley.

Dengan target yang dia tetapkan tersebut, Stanley mampu menyelesaikan kuliahnya dalam waktu 3 tahun 6 bulan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mendekati sempurna atau 3.99 Pria asal Malang tersebut mengatakan untuk menambah semangat dalam kuliah, dia juga berorganisasi di Asian Medical Students' Association (AMSA) FK UB.

Melalui organisasi tersebut dia juga mendapat kesempatan melakukan networking dan berbagi pengetahuan dengan mahasiswa Fakultas Kedokteran di perguruan tinggi luar negeri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4218 seconds (0.1#10.140)