Mengenal Program Studi Ortotik Prostetik, Salah Satu Jurusan Langka di Indonesia

Rabu, 04 Oktober 2023 - 11:39 WIB
loading...
Mengenal Program Studi Ortotik Prostetik, Salah Satu Jurusan Langka di Indonesia
Program Studi Ortotik Prostetik merupakan salah satu program studi di bawah Poltekkes Kemenkes Surakarta yang bergerak di bidang pendidikan ortotik prostetik. Foto/laman Kemenkes Surakarta
A A A
JAKARTA - Ini profil prodi Ortotik Prostetik, salah satu program studi langka di Indonesia. Program Studi Sarjana Terapan Ortotik Prostetik merupakan salah satu program studi di Bawah Poltekkes Kemenkes Surakarta yang bergerak di bidang pendidikan ortotik prostetik.

Ketika menemui penyandang disabilitas yang menggunakan tangan atau kaki palsu, pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana proses merakit alat bantu tersebut? Pembuatan alat bantu gerak untuk pasien disabilitas tidak boleh sembarangan karena memerlukan ilmu dan keterampilan tertentu.

Di bangku kuliah, jurusan yang secara khusus mempelajari cara pembuatan alat bantu gerak untuk tubuh manusia adalah Jurusan Ortotik Prostetik.Untuk lebih mengenal jurusan atau prodi Ortotik Prostetik, artikel kali ini akan membahasnya secara tuntas.

Mengenal Ortotik Prostetik, Salah Satu Prodi Langka di Indonesia


1. Ortotik prostetik merupakan salah satu bagian penting dalam bidang rehabilitasi medik di Indonesia.

2. Tenaga kesehatan ortotik prostetik merupakan tenaga kesehatan profesional dalam pelayanan alat bantu maupun alat ganti pada orang-orang diffable yang berkebutuhan khusus.

3. Program studi Sarjana Terapan Ortotik Prostetik Resmi dibuka pada tahun 2011 dengan kurikulum berbasis kompetensi secara utuh yang mengacu pada ISPO Cat II (Organisasi Ortotik Prostetik Internasional).

4. Dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi, Program Studi Sarjana Terapan Ortotik Prostetik melaksanakan pendidikan, pelayanan dan pengabdian masyarakat serta penelitian yang berhubungan dengan disability/difabel, untuk mengembalikan harkat dan martabatnya.

5. Hal tersebut sejalan dengan visi dan misi Prodi Sarjana Terapan Ortotik Prostetik, yaitu ”Menjadi institusi yang unggul dan kompetitif dalam bidang Ortotik Prostetik yang menghasilkan lulusan yang professional dibidang ortotik prostetik dan berwawasan global pada tahun 2035”.


Gelar Lulusan Prodi Ortotik Prostetik


1. Program Studi Sarjana Terapan Ortotik Prostetik menghasilkan lulusan profesional Ortotik Prostetik dengan gelar akademik S.Tr. Kes.

2. Gelar tersebut ditempuh dalam waktu 4 tahun (8 Semester).

3. Proses pendidikan dilaksanakan reguler pada semester 1 s.d semester 6, dengan kompetensi utama yang terstandar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1483 seconds (0.1#10.140)