Ganjar Pranowo Janji Hadirkan Sekolah Gratis se-Indonesia Bila Terpilih Menjadi Presiden

Rabu, 04 Oktober 2023 - 16:36 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Janji Hadirkan Sekolah Gratis se-Indonesia Bila Terpilih Menjadi Presiden
Ganjar Pranowo janji menghadirkan sekolah gratis se-Indonesia bila terpilih menjadi presiden di Pemilu 2024 mendatang. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Calon Presiden 2024 Ganjar Pranowo mengungkapkan komitmennya untuk menghadirkan sekolah gratis se-Indonesia bagi masyarakat yang kurang mampu. Hal tersebut telah dilakukan oleh dirinya ketika menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng) selama dua periode.

Ganjar hanya ingin membuat akses pendidikan lebih mudah, dan bagaimana agar keluarga-keluarga yang tidak mampu bisa mendapatkan akses pendidikan dengan skala yang diprioritaskan.

Ganjar beranggapan bahwa sekolah gratis adalah bagian penting dari upaya memudahkan akses pendidikan bagi setiap individu. Pendidikan sendiri terbukti dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat secara menyeluruh.

Baca juga: Ditanya Mahasiswa PGSD Unpas, Begini Harapan Ganjar Pranowo untuk Guru di Masa Depan

Ganjar juga memperhatikan bahwa akses pendidikan yang merata di seluruh daerah Indonesia merupakan hal yang sangat penting. Ia menyoroti bahwa investasi menjadi hal yang sangat penting dalam pengembangan infrastruktur pendidikan.

Alokasi anggaran yang memadai juga menjadi concern dari Ganjar Pranowo agar sekolah gratis ini dapat berlangsung secara berkelanjutan dan terus menjadi berkah bagi masyarakat kurang mampu.

Ganjar juga mengajak kepada setiap pihak terkait untuk mengelola sumber daya manusia Indonesia menjadi SDM yang berkompeten lewat pendidikan yang berkualitas terutama bagi masyarakat kurang mampu.

Ganjar sangat ingin memperjuangkan hal tersebut agar nantinya semua anak-anak bangsa Indonesia bisa mendapatkan akses pendidikan yang sangat mudah. Ganjar pada prinsipnya memang selalu mengatakan bahwa tuannya adalah rakyat sehingga dia sebisa mungkin melakukan hal yang dianggap terbaik untuk masyarakat yang dia pimpin.

Baca juga: Curhat Mahasiswi Unpas Ingin Jadi Dubes, Minta Motivasi ke Bacapres Ganjar Pranowo

Hal ini sudah dapat terlihat ketika Ganjar menjabat menjadi Gubernur Jawa Tengah di mana Ganjar banyak sekali menginisiasi program-program pro rakyat kecil dalam bidang pendidikan.

Contohnya ketika dia memimpin Jawa Tengah, Ganjar melakukan inisiasi Program Pendidikan Gratis. Dimana sekolah yang berkonsep boarding tersebut telah meluluskan sebanyak 1.837 siswa, yang terdiri dari 825 lulusan SMKN Jawa Tengah Kampus Semarang, 676 orang lulusan SMKN Jawa Tengah Kampus Purbalingga, dan 336 orang lulusan SMKN Jawa Tengah Kampus Pati.

Dari 1.837 lulusan tersebut, 80 persen di antaranya sudah melenggang ke dunia kerja maupun masuk ke perguruan tinggi, baik di tingkat nasional maupun luar negeri.

Ganjar juga menambahkan bahwa memang ada masalah dalam infrastruktur pendidikan, namun untuk mengatasinya diperlukan investasi dan peningkatan alokasi anggaran khusus agar dapat dipastikan seluruh lapisan masyarakat mendapatkan akses pendidikan yang lebih mudah.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3062 seconds (0.1#10.140)