Raih 170 Penghargaan selama Kuliah, Ini Kisah Perjuangan Khakam Maruf Lulus dari UNY

Kamis, 05 Oktober 2023 - 10:58 WIB
loading...
A A A
Kejuaraan tingkat internasional pernah dia ikuti yaitu International Paper Competition dengan memperoleh Gold Medal di bidang teknologi dan berbagai kejuaraan internasional karya ilmiah. Pada tahun 2022 Khakam menjadi juara 1 Seleksi Mahasiswa Berprestasi Fakultas Teknik UNY.

Baca juga: Top 53 Universitas Terbaik di Jakarta Versi UniRank 2023 Terbaru, BINUS Ranking Pertama!

Penelitian yang dilakukan Khakam sangat menarik karena multidisiplin keilmuan dengan beragam topik riset yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pertanian, perikanan, mesin, energi, aplikasi, teknologi dan bidang lainnya. Capaian lain yaitu 6 HKI (Hak Cipta, Desain Industri dan Paten) bidang teknologi tepat guna dan aplikasi.

Khakam tak hanya menyimpan ilmu yang dia miliki untuk dirinya sendiri. Namun dia meluangkan waktu menjadi pembimbing lomba karya ilmiah dan juga beasiswa untuk mahasiswa adik tingkatnya.

Tak kurang ada 80 lebih mahasiswa bimbingannya dan sejumlah mahasiswa bimbingannya mampu memborong prestasi di berbagai kejuaraan nasional, internasional dan lomba tingkat mahasiswa.

Bekerja di Berbagai Perusahaan sebelum Lulus Kuliah


Khakam yang sudah banyak pengalamannya dan berkompetensi tinggi di bidang penelitian menjadi bekal dia untuk bekerja di berbagai perusahaan (double jobs) bahkan kesempatan itu diraihnya sebelum dia diwisuda.

Diketahui dia menduduki posisi Profesional Reseach Mentor di PT Riset Prestasi Indonesia. Khakam juga mengemban tugas sebagai Project Manager bidang HKI. Dia dikenal memiliki kinerja yang baik dalam menjadi mentor penelitian sehingga sering diberikan tugas mengajar untuk sejumlah sekolah mitralokal bahkan hingga ke luar daerah.

Hal yang dilakukan Khakam saat ini adalah kolaborasi penelitian bersama salah satu BUMN dalam bidang dalam bidang pemberdayaan dan pengabdian masyarakat melalui program CSR di
PT. Pertamina Patra Niaga.

Khakam juga pemuda yang aktif berwirausaha. Saat ini dia menjadi Operational Director di CV. Inanri Sukses Bersama, bisnis usahanya yang bergerak di bidang konsultasi publikasi ilmiah.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)