Mengenal Jurusan Tenaga Laboratorium Medis, Lulusannya Dicari BPOM dan Rumah Sakit Besar

Kamis, 05 Oktober 2023 - 15:05 WIB
loading...
A A A
3. Mau kuliah jenjang D3 atau D4, kampusnya tetap IIK Bhakti Wiyata. Kampus kesehatan yang berlokasi di Kediri ini memiliki Prodi D3 dan D4 TLM, yang masuk dalam Fakultas Teknologi dan Manajemen Kesehatan.

Peran Lulusan Tenaga Laboratorium Medis

1. Menjadi analis kesehatan atau tenaga laboratorium medis bukanlah hal mudah.

2. Diperlukan kompetensi yang sesuai, salah satunya adalah menguasai ilmu yang berhubungan dengan laboratorium medis.

3. Ada beberapa peran analis kesehatan dalam memberikan pelayanan laboratorium medis, antara lain mempersiapkan proses teknis operasional, melakukan uji analitik terhadap spesimen dan reagen, serta mengembangkan prosedur untuk mengambil serta memproses spesimen.

4. Selain itu, analis kesehatan juga berperan dalam mengoperasikan dan memelihara instrumen di laboratorium, menjaga keselamatan kerja di lingkungan laboratorium, dan memberikan evaluasi data laboratorium untuk memastikan prosedur dan akurasi pengendalian mutu.

5. Juga bertugas untuk melakukan berbagai macam tes medis, seperti Kimia Klinik, Hematologi, Imunoserologi, Mikrobiologi, Kimia Makanan, dan lainnya.6. Di Indonesia, tenaga analis medis memiliki tugas dan kompetensi yang berbeda. Tidak hanya menunjang terhadap analisis spesimen klinis saja, namun juga analisis non abiotik seperti makanan, air, dan minuman.
(wyn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1128 seconds (0.1#10.140)