4 Perbedaan Gelar Cumlaude, Magna Cumlaude, Summa Cumlaude, dan Maxima Cumlaude

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 08:32 WIB
loading...
4 Perbedaan Gelar Cumlaude, Magna Cumlaude, Summa Cumlaude, dan Maxima Cumlaude
Saat ini, masih banyak dari para mahasiswa yang belum mengetahui arti gelar yang nantinya akan mereka peroleh. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Saat ini, masih banyak dari para mahasiswa yang belum mengetahui arti gelar yang nantinya akan mereka peroleh. Salah satunya gelar dengan pujian atau gelar kehormatan seperti, Cumlaude , Magna Cumlaude, Summa Cumlaude, dan Maxima Cumlaude.

Gelar tersebut diberikan kepada mahasiswa yang telah mencapai prestasi akademik yang luar biasa selama menjalani pendidikan.

Keempat gelar tersebut juga diberikan dalam prosesi wisuda atas pengakuan atas kerja kerasnya selama menjalani perkuliahan tersebut. Tentunya, dari ke-4 gelar tersebut memiliki makna yang berbeda beda.

Baca juga: Riwayat Pendidikan Anak-Anak Capres 2024, Anies, Ganjar, dan Prabowo

Berikut penjelasan dari Cumlaude, Magna Cumlaude, Summa Cumlaude, dan Maxima Cumlaude.

1. Cumlaude


Gelar Cumlaude bisa juga disebut dengan With Praise, atau mahasiswa yang mendapatkan gelar kehormatan. Mahasiswa yang mendapatkan gelar Cumlaude mendapatkan nilai IPK diatas 3,50 sampai dengan 3,70.

Syarat mahasiswa yang ingin mendapatkan gelar Cumlaude salah satunya adalah dengan tidak mengulang mata kuliah apapun. Syarat lainnya adalah hindari mendapatkan nilai C dalam setiap semester. Dan syarat yang terakhir harus lulus sesuai dengan target perkuliahan yaitu s1 selama 3,5-45 tahun dan D3 maksimal 3-4 tahun.

2. Magna Cumlaude


Selanjutnya terdapat Magna Cumlaude, gelar ini berasa dari bahasa latin yang artinya “dengan pujian besar”. Mahasiswa yang mendapatkan gelar Magna Cumlaude memiliki IPK diatas 3,7 sampai dengan 3,9. Mahasiswa yang lulus dengan gelar Magna Cumlaude ini juga diartikan lulus with great honor.

Baca juga: Terlihat Sepele Tapi Penting, Ini Penulisan Gelar Akademik dan Singkatannya yang Benar

3. Summa Cumlaude


Gelar Summa dapat dikatakan sebagai peringkat ke-2 tertinggi sebelum Maxima Cumlaude. Gelar ini diberikan untuk Mahasiswa yang memiliki IPK di atas 3,9 sampai dengan 4.00. Mahasiswa yang lulus dengan predikat ini dapat dikatakan sebagai with highest praise yaitu kehormatan tertinggi.

4. Maxima Cumlaude


Maxima Cumlaude merupakan gelar tertinggi di antara 3 gelar lainnya. Mahasiswa yang berhasil mendapatkan gelar ini pasti memiliki IPK sempurna dengan nilai 4.00. Maxima Cumalude pertama kali diberikan di negara Eropa pada abad ke-17 dan di abad ke-19 gelar ini mulai digunakan di Amerika Serikat. Hingga saat ini gelar Maxima Cumlaude menjadi standar internasional.

Semoga penjelasan mengenai gelar cumlaude, magna cumlaude, summa cumlaude, dan maxima cumlaude di atas bisa menambah wawasanmu ya.

MG/Kalyca Keysha Alfiani
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2907 seconds (0.1#10.140)