Perbedaan Surat Lamaran dan Surat Pernyataan SSCASN 2023, Yuk Pahami!

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 12:35 WIB
loading...
Perbedaan Surat Lamaran dan Surat Pernyataan SSCASN 2023, Yuk Pahami!
Terdapat sejumlah perbedaan surat lamaran dan surat pernyataan yang digunakan pada SSCASN 2023. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dalam pengisian akun SSCASN 2023 , terdapat sejumlah persyaratan yang harus diisi oleh pelamar. Salah satu persyaratannya adalah surat lamaran dan surat pernyataan.

Kedua syarat tersebut sama-sama mendapat pembubuhan e-materai. E-materai adalah materai elektronik yang terintegrasi dengan SSCASN dan Perum Peruri.

Meski kedua surat tersebut berbeda, banyak di antara pelamar yang masih bingung dengan adanya surat lamaran dan surat pernyataan. Untuk mengetahui perbedaan dari kedua surat itu, simak ulasan lengkap berikut ini.

Perbedaan Surat Lamaran dan Surat Pernyataan


Surat lamaran merupakan surat yang dibuat oleh pelamar pekerjaan untuk mengajukan diri kepada perusahaan atau instansi yang membuka lowongan pekerjaan. Surat ini berisi informasi tentang data diri, pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, dan motivasi pelamar.



Sementara itu, surat pernyataan adalah surat yang dibuat oleh pelamar pekerjaan untuk menyatakan kesediaan untuk bekerja. Surat ini berisi informasi tentang identitas, nomor pendaftaran dan pernyataan-pernyataan yang harus ditandatangani oleh pelamar.

Perbedaan pertama antara surat lamaran dan surat pernyataan adalah tujuan pembuatannya. Surat lamaran dibuat untuk memperkenalkan diri dan menarik minat perusahaan atau instansi agar mau menerima pelamar sebagai calon karyawan. Sedangkan surat pernyataan dibuat untuk mengikat pelamar dengan aturan dan ketentuan yang berlaku dalam proses seleksi pekerjaan.

Perbedaan selanjutnya terletak pada isi dari kedua surat itu. Surat lamaran berisi informasi yang bersifat deskriptif dan persuasif tentang diri pelamar hingga alasan melamar pekerjaan. Surat pernyataan berisi informasi yang bersifat deklaratif dan komitmen tentang kesanggupan pelamar, seperti persetujuan, pengakuan, janji, dan tanggung jawab.

Kedua surat ini juga mempunyai format tulisan yang berbeda. Surat lamaran biasanya menggunakan format surat resmi dengan memperhatikan hal-hal seperti kop surat, nomor surat dan lain-lain. Surat pernyataan biasanya menggunakan format formulir dengan memperhatikan hal-hal seperti judul formulir dan juga nomor formulir.

Kemudian surat lamaran biasanya dilengkapi dengan dokumen-dokumen yang dapat membuktikan kualifikasi pelamar, seperti fotokopi KTP, ijazah dan transkrip nilai. Sementara surat pernyataan dilengkapi dengan surat keterangan sehat dari dokter rumah sakit pemerintah atau TNI/Polri, e-materai Rp10.000.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7472 seconds (0.1#10.140)