30 Jurusan Kuliah IPA yang Bisa Menjamin Masa Depan, Semua Prospektif

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 12:47 WIB
loading...
30 Jurusan Kuliah IPA yang Bisa Menjamin Masa Depan, Semua Prospektif
Jurusa Kedokteran termasuk satu dari 30-an jurusan rumpun IPA yang memiliki prospek kerja menjanjikan untuk masa depan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Setidaknya ada 30 jurusan kuliah IPA yang disebut-sebut bisa menjamin masa depan. Buat kamu yang duduk di bangku SMA IPA, ada 30 jurusan kuliah IPA yang punya prospek kerja menjanjikan. Jurusan itu antara lain berasal dari rumpun kesehatan, teknik, MIPA, pertanian, dan peternakan.

Tapi perlu dicatat juga bahwa dalam memiliki 30 jurusan IPA ini jangan asal pilih. Sesuaikan dengan kemampuan serta finansial keluarga. Jangan sampai menyesal, supaya kuliahmu tidak sia-sia Di artikel ini akan diulas secara detail jurusan IPA sapa saja yang memiliki prospek menjanjikan di masa depan.

Daftar 30 Jurusan IPA yang Disebut Bisa Menjamin Masa Depan


Rumpun Kesehatan


1. Kedokteran

Peminat jurusan Kedokteran selalu ramai setiap tahunnya. Kamu dapat bekerja di rumah sakit, puskesmas, kementerian kesehatan, atau mendirikan klinik sendiri.

2. Kedokteran Gigi

Kesehatan mulut sama pentingnya dengan organ tubuh lainnya. Jumlah siswa yang memilih jurusan Kedokteran Gigi mencapai ribuan lho. Sama seperti Kedokteran, kamu harus menempuh pendidikan selama 7 tahun. Kalau mau ambil spesialis juga boleh kok.

3. Kedokteran Hewan

Durasi kuliahnya 6 tahun, terdiri dari preklinik dan profesi. Seorang dokter hewan bisa membuka klinik sendiri, puskeswan, kebun binatang, dan lembaga konservasi. Kamu tertarik nggak?

4. Farmasi
Suka mapel kimia, fisika, dan biologi? Cocok nih masuk Farmasi. Di jurusan ini, kamu diajarkan cara memformulasikan senyawa untuk makanan, minuman, dan kosmetik. Itu sebabnya, lulusan Farmasi nggak harus bekerja sebagai apoteker. Peluang kerjanya luas kok, kamu bisa menjadi product developer di perusahaan skincare, quality control, peneliti, dosen, dan lain-lain.

5. Kesehatan Masyarakat

Jangan salah paham, jurusan ini bukan untuk mengobati pasien, melainkan tindakan preventif (pencegahan) orang sehat agar tidak sakit. Karena berkaitan dengan masyarakat, kamu bisa bekerja di kementerian kesehatan, kementerian sosial, atau organisasi dunia seperti WHO.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)