Deretan Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Lulusan SMK Otomotif, Cek Daftarnya

Senin, 09 Oktober 2023 - 12:44 WIB
loading...
Deretan Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Lulusan SMK Otomotif, Cek Daftarnya
Banyak jurusan kuliah yang cocok bagi lulusan SMK Otomotif. Salah satunya dari kelompok jurusan Teknik. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Ada banyak jurusan kuliah yang cocok bagi lulusan SMK Otomotif. Jadi, Anda tak perlu bingung ketika memutuskan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Melihat sebaran jurusan yang biasa ditemui di perguruan tinggi, salah satu yang menjadi favorit adalah kelompok Teknik. Dari sekian banyak jenisnya, beberapa di antaranya juga cocok untuk dipilih lulusan SMK Otomotif.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut sejumlah jurusan kuliah yang cocok bagi lulusan SMK Otomotif.

Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMK Otomotif


1. Teknik Otomotif


Berkaitan dengan lulusan SMK jurusan Otomotif, program studi yang paling relevan untuk dipilih adalah Teknik Otomotif. Sesuai namanya, biasanya jurusan tersebut berada di fakultas teknik sebuah perguruan tinggi.



Tak harus kampus luar negeri, sejumlah perguruan tinggi Tanah Air juga diketahui menyediakan jurusan Teknik Otomotif. Sebut saja seperti Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Medan, dan lain sebagainya.

2. Teknik Mesin


Tak jauh-jauh dari kelompok teknik, jurusan berikutnya adalah Teknik Mesin. Industri otomotif juga tak bisa dilepaskan dari keberadaan mesin.



Maka dari itu, tak ada salahnya bagi lulusan SMK Otomotif untuk melanjutkan kuliah ke jurusan Teknik Mesin. Melalui jurusan ini, Anda akan mempelajari berbagai prinsip fisika yang nantinya bisa diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, hingga pemeliharaan mesin.

3. Teknik Industri


Ketika menuntaskan jenjang SMK jurusan Otomotif, setidaknya Anda sudah memiliki dasar tentang bidang teknik. Bekal tersebut akan sangat berguna jika memang nantinya ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2808 seconds (0.1#10.140)