8 Jurusan Kuliah yang Punya Banyak Peluang Kerja di Era Industri 4.0

Selasa, 10 Oktober 2023 - 14:08 WIB
loading...
8 Jurusan Kuliah yang Punya Banyak Peluang Kerja di Era Industri 4.0
Jurusan kedokteran menjadi salah satu jurusan kuliah yang disebut banyak memiliki peluang kerja di era industri 4.0. Foto/laman univ ciputra
A A A
JAKARTA - Ini 8 jurusan kuliah yang punya banyak peluang kerja di era industri 4.0. Memilih jurusan kuliah memang tidak mudah. Apalagi di era industri 4.0 seperti sekarang ini, persaingan di dunia kerja semakin ketat.

Lalu jurusan apa saja yang nanti lulusannya banyak dicari perusahaan besar, baik di dalam maupun di luar negeri di era industri 4.0? Pertanyaan itu sangat relevan dikemukakan mengingat dengan memilih jurusan kuliah yang tepat akan memengaruhi masa depan seseorang nantinya. Artikel kali ini akan mengulas sebenarnya lulusan jurusan apa saja yang dibutuhkan di era industri 4.0.

8 Jurusan Kuliah yang Punya Banyak Peluang Kerja di Era Industri 4.0


1. Kedokteran


Jurusan kedokteran menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling diminati dan paling bergengsi. Tidak heran, karena lulusan kedokteran memiliki jenjang karir yang menjanjikan. Kamu bisa membuka praktek sendiri, bekerja di rumah sakit besar, atau di perusahaan besar yang membutuhkan tenaga medis.

Selain itu, jurusan kedokteran juga memberikan kontribusi positif bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Kamu bisa membantu banyak orang dengan ilmu dan keterampilan yang kamu miliki.

2. Akuntansi dan Keuangan


Jurusan akuntansi dan keuangan menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling banyak dicari di dunia kerja. Pasalnya, setiap perusahaan akan membutuhkan seorang akuntan untuk mengelola keuangan dan pajak.

Lulusan akuntansi dan keuangan memiliki kemampuan untuk menganalisis data keuangan, membuat laporan keuangan, mengaudit keuangan, membuat anggaran, dan memberikan saran tentang investasi.

3. Sastra atau Bahasa Asing


Jurusan sastra atau bahasa asing menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di era globalisasi seperti sekarang ini. Banyak perusahaan yang mencantumkan syarat untuk masuk ke perusahaan adalah dapat berbahasa asing.



Lulusan sastra atau bahasa asing memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai negara dan budaya. Kamu juga bisa memahami dan mengapresiasi karya sastra dari berbagai penjuru dunia.

4. Teknik Informatika


Jurusan teknik informatika menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling berkembang dan paling diminati di era industri 4.0. Teknologi informasi menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan produktivitas dan inovasi di berbagai bidang.

Lulusan teknik informatika memiliki kemampuan untuk membuat program komputer, mengembangkan aplikasi web atau mobile, merancang sistem informasi, dll.

5. Psikologi


Jurusan psikologi menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling banyak dicari oleh perusahaan manapun. Lulusan psikologi memiliki kemampuan untuk memahami perilaku manusia, menganalisis data, memecahkan masalah, dan mengolah data. Jurusan psikologi juga memiliki peluang kerja yang luas. Kamu bisa bekerja sebagai psikolog, asesor, konsultan pendidikan, personalia, dll.

6. DKV atau Desain Komunikasi Visual


Jurusan DKV atau desain komunikasi visual menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di era industri 4.0. Desain komunikasi visual merupakan seni dan ilmu untuk menyampaikan pesan melalui media visual.

Lulusan DKV memiliki kemampuan untuk membuat desain grafis, ilustrasi, animasi, video, dll. Jurusan DKV juga memiliki prospek kerja yang menarik. Kamu bisa bekerja sebagai web designer, graphic designer, illustrator, art director, visual designer, creative director, animator, dll.

7. Arsitektur


Jurusan arsitektur menjadi salah satu jurusan kuliah yang memiliki peluang dan jenjang karir yang bagus. Lulusan arsitektur memiliki kemampuan untuk merancang bangunan dan ruang yang fungsional, estetis, dan berkelanjutan.

Jurusan arsitektur juga memiliki peluang kerja yang beragam. Kamu bisa bekerja sebagai arsitek, desainer interior, perencana wilayah, desainer set di industri hiburan, dll.

8. Manajemen dan Bisnis


Meski lulusan manajemen dan bisnis sudah menjamur, namun jangan salah, jurusan ini juga banyak dicari oleh perusahaan. Jurusan ini memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang bagaimana mengelola dan mengembangkan bisnis.

Lulusan manajemen dan bisnis memiliki kemampuan untuk membuat rencana bisnis, menganalisis pasar, membuat strategi pemasaran, mengelola sumber daya manusia, dll.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1508 seconds (0.1#10.140)