Pengguna Media Sosial di Komunitas Pendidikan Harus Punya Kompetensi Kecakapan Digital

Selasa, 10 Oktober 2023 - 18:43 WIB
loading...
A A A
Dari perspektif keamanan digital, Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lotim Mustiaji Amiruddin mengatakan, keamanan merupakan salah satu faktor yang wajib dipahami oleh pengguna digital saat berselanjar di internet.

”Kompetensi keamanan digital itu meliputi, mengamankan perangkat digital, identitas digital, waspada penipuan digital, rekam jejak digital, dan keamanan digital bagi anak,” jelas Mustiaji Amiruddin di hadapan para siswa yang mengikuti diskusi secara nobar

Nara sumber lain musisi Raka Maukar berpesan agar para siswa memanfaatkan media digital (sosial) secara bijak, mengingat hampir semua siswa kini juga menggunakan media sosial, baik untuk kepentingan jaringan pertemanan maupun sebagai media yang mendukung pembelajaran.

”Manfaatkan media digital untuk mengasah adaptasi, membantu proses belajar, media pergaulan (pertemanan), dan sarana mendapatkan informasi yang positif dan bermanfaat. Tapi, jangan lupa batasi waktunya dan selektif dalam memilih teman,” pinta Raka.
(wyn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2151 seconds (0.1#10.140)