KEK Pendidikan dan Teknologi Siap Dibangun di Jababeka

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 10:24 WIB
loading...
KEK Pendidikan dan Teknologi Siap Dibangun di Jababeka
Penandatanganan MoU KEK Pendidikan dan Teknologi di Fablab President University Convention Center (PUCC). Foto/Istimewa.
A A A
CIKARANG - Pengembangan pusat riset dan inovasi serta pusat pendidikan ilmu terapan akan dibangun di kawasan Industri Jababeka. Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pendidikan dan Teknologi ini turut melibatkan President University dan Technical Univeristy of Munich Asia (TUM Asia).

TUM Asia, yang berlokasi di Singapura, adalah bagian dari Technical University of Munich (TUM) yang berbasis di Jerman. Sebagai perguruan tinggi internasional, saat ini TUM menempati peringkat ke-37 dalam QS World University Rankings.

Selasa, (10/10/2023) bertempat di Fabrication Laboratory (Fablab), President University Convention Center (PUCC), Jl. H. Usmar Ismail, Kota Jababeka, Cikarang, dilakukan penandatanganan Perjanjian Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU).

Perjanjian ini ditandatangani oleh tiga pihak, yakni PT Jababeka & Co., President University dan Technical University of Munich Asia (TUM Asia).

Baca juga: 5 Kampus Terbaik Asia Jurusan Akuntansi dan Keuangan, Cek Jumlah Skornya

Melalui MoU tersebut, Jababeka, President University dan TUM Asia sepakat bekerja sama untuk menyusun rencana kerja pembangunan pusat penelitian dan pengembangan yang diintegrasikan dengan rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pendidikan dan Teknologi di Jababeka, Cikarang.

Pejabat Bupati Bekasi Dani Ramdan dalam sambutannya pada acara tersebut, “Upaya yang dilakukan Jababeka, TUM Asia dan President University ini merupakan terobosan dalam pengembangan KEK Pendidikan dan Teknologi di Jababeka. Kehadiran TUM, yang merupakan universitas terkemuka di dunia, diharapkan bisa menjadi pendorong untuk berbagai pihak dalam mewujudkan KEK tersebut," katanya, dalam keterangan resmi.

Lanjutnya, Cikarang merupakan pusat industri. Jadi, menurut dia, kehadiran KEK Pendidikan dan Teknologi akan ikut meningkatkan kinerja perusahaan-perusahaan yang ada di kawasan industri. Katanya, “Saya mendorong Dewan Nasional KEK agar segera mengeluarkan Surat Keputusan KEK Pendidikan dan Teknologi di Jababeka, Cikarang," ujarnya.

Ada tiga ruang lingkup kerja sama dalam MoU ini. Pertama, peningkatan kualitas SDM melalui pendirian pusat pendidikan dan pelatihan bagi para pekerja dan kalangan profesional di kawasan industri Jababeka dan berbagai kawasan industri lain yang ada di sekitarnya.

Baca juga: Kecelakaan dan Patah Tulang, Lulusan Terbaik Unesa Ini Wisuda Pakai Kursi Roda
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2005 seconds (0.1#10.140)