Arti Gelar S1 Aktuaria Beserta Perannya di Dunia Kerja

Minggu, 15 Oktober 2023 - 14:19 WIB
loading...
Arti Gelar S1 Aktuaria Beserta Perannya di Dunia Kerja
Arti gelar S1 Aktuaria ini masih belum banyak diketahui banyak orang, padahal ilmu ini cukup penting dalam studi ekonomi. Foto/Jcomp/Freepik.
A A A
JAKARTA - Arti gelar S1 Aktuaria ini masih belum banyak diketahui banyak orang, padahal ilmu ini cukup penting dalam studi ekonomi. Karena itulah mengapa informasi ini penting bagi calon mahasiswa yang hendak melanjutkan studinya, teruntuk yang tertarik di bidang ekonomi.

Jurusan Aktuaria sendiri memang memiliki nama yang kurang tenar, sebab masih terbilang baru. Setelah mulai banyak perusahaan yang membutuhkan aktuaris, barulah jurusan ini mulai dipandang kembali.

Penjelasan Arti Gelar S1 Aktuaria


Arti gelar Sarjana Aktuaria merupakan gelar gelar yang diberikan kepada seseorang yang telah menyelesaikan program pendidikan tinggi dalam bidang aktuaria.

Aktuaria adalah disiplin ilmu yang berkaitan dengan analisis risiko dan manajemen keuangan, khususnya dalam konteks asuransi, investasi, dan pensiun.

Baca juga: Contoh Hard Skill yang Menarik Perhatian HRD, Bikin CV Kamu Lebih Menarik!

Sarjana Aktuaria memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mendalam dalam matematika, statistik, ekonomi, dan keuangan yang digunakan untuk mengukur, menganalisis, dan mengelola risiko keuangan.

Pendidikan untuk mendapatkan gelar Sarjana Aktuaria biasanya melibatkan mata kuliah dalam berbagai topik, namun mata kuliah yang kerap muncul adalah matematika, statistik, ekonomi keuangan, teori risiko serta hukum dan peraturan.

Aktuaria dalam Dunia Kerja


Sarjana Aktuaria di dunia kerja nantinya sudah dipastikan akan menjadi seorang aktuaris. Layaknya sarjana akuntansi yang akan menjadi seorang akuntan.

Baca juga: Berkah Doa Ibu, Ini Kisah Mujab, Alumnus UI Penerima Beasiswa LPDP ke Inggris

Dalam catatan Program Studi Sarjana Ilmu Aktuaria UGM, disebutkan bahwa seorang aktuaris adalah profesional yang dipercaya mampu menerjemahkan kewajiban keuangan atas kejadian tak menentu di masa yang akan datang dalam kurun waktu tertentu.

Itu berkaitan dengan disiplin ilmu Aktuaris yang menggunakan teori probabilitas, matematika, dan statistika untuk mengukur dan menghitung dampak finansial atas kejadian tak tentu di masa yang akan datang.

Dampak finansial tersebut kemudian diproyeksikan untuk mencari nilai wajar atas kewajiban yang harus dipenuhi saat ini.

Tugas utama aktuaris nantinya adalah manajemen resiko. Karena itu mereka harus ahli dalam hal memperhitungkan kemungkinan munculnya kejadian di masa depan, mendesain skenario untuk mengurangi terjadinya suatu hal yang tak diinginkan, dan mengurangi dampak buruk yang pasti akan terjadi.

Kemampuan yang dimilikinya merupakan gabungan dari keterampilan analisis yang baik, pengetahuan tentang bisnis, dan pemahaman tentang perilaku manusia.

Sehingga dapat dikatakan bahwa ilmu aktuaris adalah penopang sekaligus pensupply profesi aktuaris.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)