7 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Jurusan Ilmu Politik, Investasi Karier Masa Depan

Selasa, 17 Oktober 2023 - 14:21 WIB
loading...
7 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Jurusan Ilmu Politik, Investasi Karier Masa Depan
Salah satu profesi yang bisa ditekuni lulusan jurusan Ilmu Politik adalah menjadi pengamat politik, menganalisa dan mengamati berbagai peristiwa politik. Foto/Dok Sindonews
A A A
JAKARTA - Ini 7 prospek kerja menjanjikan lulusan jurusan Ilmu Politik di Indonesia. Jurusan Ilmu Politik selama ini biasanya masuk dalam naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)

Jurusankuliahilmu politikmerupakan suatu bidang ilmu yang mengkaji gejala maupun fenomena sosial politik dan dampaknya terhadap masyarakat sosial mulai dari teori, praktik politik, sistem politik, hingga perilaku politik.

Sekilas banyak yang pesimis dengan masa depan jurusan ini yang dinilai kurang menjanjikan. Benarkah demikian?Merangkum berbagai sumber, artikel kali ini akan membahas 7 prospek kerja menjanjikan lulusan jurusan Ilmu Politik di Indonesia.

7 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Jurusan Ilmu Politik


1. Dosen


Tidak harus menjadi seorang politikus, namun bisa juga menjadi seorang Guru bagi para politikus dengan cara menjadi seorang dosen Ilmu Politik. Namun tentu saja harus minimal kuliah S2 terlebih dahulu.

Sekarang juga banyak perguruan tinggi baik itu negeri maupun swasta yang banyak menambah jurusan Ilmu Politik karena memang ke depannya, prospek ini akan sangat dibutuhkan mengingat negara Indonesia adalah negara demokrasi.

2. Jurnalistik


Banyak media yang selalu menempatkan bidang atau perihal politik sebagai salah satu pokok bahasan yang utama, terlebih kisruh dalam dunia perpolitikan selalu menyajikan berita dengan suguhan yang sangat menarik untuk diperbincangkan.



Maka dari itu, dibutuhkan dengan adanya jurnalis yang mana jurnalis ini berperan atau mengerti mengenai masalah perpolitikan yang sedang hangat terjadi, baik dalam skala nasional atau mungkin mancanegara.

3. Pengamat Politik

Saat ini, peneliti di bidang politik itu sendiri masih belum begitu terekspos secara mendalam. Akan tetapi, peranan dari peneliti dan pengamat dalam dunia politik ini begitu diperlukan oleh beberapa pemangku kepentingan.Pemangku kepentingan tersebut contohnya seperti partai politik, calon pemimpin daerah, calon anggota legislatif atau bahkan oleh media massa yang mana saat ini sudah mulai diperlihatkan eksistensinya melalui media massa.

4. Anggota Legislatif


Sebagai seorang lulusan Ilmu Politik, tentu mahasiswa memiliki gagasan atau ide tersendiri dan melalui partai politik menjadi salah satu wadah yang tepat guna dalam menyampaikan beragam aspirasi.

Dengan cara bergabung bersama dengan partai politik yang memiliki kesamaan pandangan dengan apa yang digagaskan, tentu akan berjalan searah dan bisa mendorong kesejahteraan masyarakat yang jauh lebih baik lagi.

5. Public Relations


Hubungan masyarakat atau public relations merupakan praktik mengelola penyebaran informasi yang terjadi antara individu atau organisasi dan masyarakat.Tujuan dengan adanya hubungan masyarakat dari perusahaan ini ialah sering membujuk masyarakat, investor, mitra, karyawan dan pemangku kepentingan yang lain dalam mempertahankan sudut pandang tertentu mengenai hal tersebut, kepemimpinan, produk atau bahkan keputusan politik.

6. Aktivis atau Staf LSM


Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) merupakan lembaga yang secara sukarela dalam memberikan suatu bentuk pelayanan terhadap masyarakat umum tanpa memiliki tujuan untuk mendapat keuntungan dari kegiatan yang telah dilaksanakan.

Sementara itu ada organisasi masayarakat yang dibentuk dan dijalankan berbasis terhadap masyarakat, tanpa adanya tujuan politis dan dibentuk atas dasar kepentingan yang sama.

7. Staf di Kementerian atau Lembaga Pemerintah


Mengenai seluk-beluk dunia pemerintahan, tentu menjadi hal yang sehari-hari ditemui oleh mahasiswa jurusan Ilmu Pemerintahan. Tidak heran jika lulusannya menghasilkan kompetensi tinggi untuk bisa terjun di dalam dunia pemerintahan secara nyata.Terlibat aktif dan bekerja dalam menjalankan roda pemerintahan, baik itu di poros pusat ataupun dalam jangkauan daerah menjadi pekerjaan inti dari lulusan Ilmu Politik ini..

(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2145 seconds (0.1#10.140)