Sambut Hari Sumpah Pemuda, Turnamen Sains Data Nasional 2023 Kembali Digelar

Rabu, 18 Oktober 2023 - 21:40 WIB
loading...
Sambut Hari Sumpah Pemuda, Turnamen Sains Data Nasional 2023 Kembali Digelar
Turnamen Sains Data Nasional 2023, kembali digelar pada 28 Oktober 2023. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Turnamen Sains Data Nasional 2023, kembali digelar pada 28 Oktober 2023. Turnamen ini merupakan kolaborasi dari beberapa universitas, asosiasi data di Indonesia, pemerintah daerah, beberapa lembaga negara dan kementerian yang dikoordinatori oleh Data Academy.

Luthfy Ardiansyah, Direktur Data Academy sebagai koordinator penyelenggara Turnamen Sains Data Nasional 2023 berharap, tahun ini dapat diikuti oleh lebih banyak peserta dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar SMA/SMK, mahasiswa, hingga para pekerja profesional di bidang data sains.

Baca juga: Survei AVISI: Hanya 30 % Penonton Indonesia Mau Menonton Tayangan OTT Legal

“Kami berharap, acara ini dapat menumbuhkan bibit-bibit baru yang tertarik dengan sains data serta meningkatkan minat bakat anak anak muda dalam bidang data sains dan teknologi.” Ujarnya, dalam keterangan resmi, Rabu (18/10/2023).

Para peserta nantinya akan menghadapi berbagai tantangan yang diberikan dalam Turnamen Sains Data Nasional ini. Mulai dari mengimplementasikan perilaku konsumen hingga mengoptimalkan data dalam kehidupan sehari hari. Selain itu, para peserta juga akan ditantang untuk memecahkan masalah analisis terkait keamanan data sains dan metode AI untuk memberikan hasil terbaik dalam hal keamanan data.

Para pakar di bidang sains data dan akademisi akan bertindak sebagai juri untuk mengevaluasi solusi yang diberikan para peserta, berdasarkan kreativitas, akurasi dan penerapannya di dunia nyata.

Baca juga: Launching Madrasah Pandai Berhitung, Menag Targetkan Tiga Juta Guru dan Siswa Ahli Matematika

Tidak hanya itu, peserta yang mengikuti TSDN 2023 juga berkesempatan untuk membangun jaringan dengan para profesional dan sesama penggiat sains, yang mendorong kolaborasi dan berbagi pengetahuan. Hadiah yang akan diraih oleh para pemenang, berupa uang tunai dengan total hadiah ratusan juta rupiah.

Pendaftaran turnamen ini resmi dibuka dalam tiga kategori peserta yakni, kategori pelajar (SMA/SMK/Sederajat), mahasiswa, dan umum mulai 28 Oktober 2023 melalui laman Data Academy. Peserta wajib memiliki tim yang beranggotakan minimal 2 orang hingga maksimal 5 orang dengan minimal usia 16 tahun.

“Diharapkan dengan digelarnya Turnamen Sains Data Nasional 2023 ini, dapat memunculkan talenta baru dalam data sains dan AI yang mampu membantu meningkatkan sistem keamanan siber dengan menggunakan keilmuan data science dan AI,” pungkas Luthfy.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3577 seconds (0.1#10.140)