SMK Raden Umar Said Kudus Hadirkan Karya Animasi Bertaraf Internasional di TEI 2023

Kamis, 19 Oktober 2023 - 16:24 WIB
loading...
SMK Raden Umar Said Kudus Hadirkan Karya Animasi Bertaraf Internasional di TEI 2023
SMK Raden Umar Said (RUS) Kudus adalah salah satu Satuan Pendidikan Vokasi yang turut mengikuti Trade Expo Indonesia (TEI) 2023. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - SMK Raden Umar Said (RUS) Kudus adalah salah satu Satuan Pendidikan Vokasi yang turut mengikuti Trade Expo Indonesia (TEI) 2023. Booth pameran didesain sangat menarik dengan layar LED besar di bagian atasnya yang menampilkan karya animasi para siswa.

Pada TEI 2023 ini, SMK Rus Kudus menampilkan empat karya animasi yaitu Sabda Alam, Unstring Your Heart, Wakakibo, serta Watersplash dan Abstract Particle.

Karya animasi Sabda Alam, menceritakan kisah Burung Rangkong Jantan terbang hingga memberi makan keluarganya melalui Lubang Pohon.

Animasi Sabda Alam sempat viral dan dilihat hingga 3 juta penonton dari dalam maupun luar negeri. Tidak hanya di YouTube Channel, animasi ini juga ada di platform lain dan mendunia. Bahkan di beberapa kesempatan, Sabda Alam juga diputar dalam acara komunitas lingkungan di Tokyo, Jepang, dan Manchester, Inggris.

Baca juga: Produk Unggulan SMK dan Politeknik akan Unjuk Gigi di TEI dan JMFW

Selain Sabda Alam, ada pula karya animasi lain berjudul Unstring Your Heart, menceritakan dua karakter yang membawa Boneka Kayu dan memainkannya menari didepan Lawang Sewu.

Booth SMK Raden Umar Said Kudus yang terletak di Hall 6 ICE BSD itu juga menampilkan karya animasi berjudul Wakakibo yang mengisahkan dua Karakter Waka dan Kibo yang asyik bermain petak umpet.

Selanjutnya animasi berjudul Watersplash dan Abstract Particle, menampilkan Visual Efek Air realistis dan Pergerakan Abstract Particle dengan angle view Anamorphic yang turut memperlihatkan 3D ruang dalam layar Videotron.

Project Manager RUS Animation Sekar menjelaskan, SMK RUS Kudus memiliki teaching factory yaitu RUS Animation yang menjadi tempat siswa jurusan animasi magang.

"Saat mereka magang di kelas 11 tempatnya di RUS Animation. Mereka akan mengerjakan project-project IP (intelectual property) dan juga project dari klien kita," ungkapnya, dalam keterangan resmi, Kamis (19/10/2023).

Baca juga: Sajian Orkestra Berkelas SMK TI Muhammadiyah Cikampek Meriahkan HUT ke-78 RI di Kemendikbudristek

Menurutnya, sudah banyak klien internasional yang bekerja sama dengan pihaknya. Misalnya animasi series Barbie yang tayang di Netflix, dan lebih dari 10 project animasi internasional lain yang mereka garap.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1230 seconds (0.1#10.140)