Permudah Siswa Pelajari Materi, Ini Sederet Manfaat Ikut Bimbel

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 19:36 WIB
loading...
Permudah Siswa Pelajari Materi, Ini Sederet Manfaat Ikut Bimbel
Selain mempermudah para siswa untuk mempelajari materi, masih ada banyak manfaat mengikuti bimbel. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Selain mempermudah para siswa untuk mempelajari materi, masih ada banyak manfaat ikut bimbel yang bisa mereka dapatkan.

Program bimbingan belajar atau yang biasa disebut bimbel dapat membantu orang tua untuk menyukseskan pendidikan anak mereka. Berbeda dengan belajar di sekolah, bimbel biasanya memiliki kelompok yang lebih kecil.

Karena merupakan pelajaran tambahan, bimbel dilakukan di luar jam sekolah. Hal ini bertujuan supaya anak-anak dapat mengulang kembali pelajaran di sekolah, atau membahas materi yang belum diajarkan di sekolah, sehingga pengetahuan mereka jadi lebih luas.

Baca juga: Minimnya PTN di Indonesia Membuat Pangsa Bimbel Kian Besar

Berikut Adalah 7 Manfaat Bimbel untuk Anak

1. Meningkatkan Semangat Belajar


Fungsi utama bimbel adalah meningkatkan semangat belajar. Dengan mengikuti bimbel, pastinya motivasi belajar dan minat anak Anda akan bertambah.

Apalagi bimbel dibuat sedemikian rupa untuk menemui ekspektasi dan membuat anak-anak nyaman untuk belama-lama belajar bareng-bareng teman bimbel. Atau kalau bimbelnya online, mereka jadi lebih lama buka aplikasi bimbel daripada game online.

2. Berkesempatan Jadi Lebih Unggul


Anak yang mengikuti program bimbingan belajar besar kemungkinan akan lebih unggul dibandingkan mereka yang tidak mengikuti bimbel. Hal ini lantaran anak yang mengikuti program bimbel biasanya sudah mempelajari sebuah materi sebelum materi tersebut diajarkan di sekolah.

Oleh karena itu, tak jarang mereka sudah mengetahui tentang materi tersebut dan di sekolah hanya tinggal mengingat materi tersebut saja. Ini juga sekaligus dapat mengasah daya ingat anak.

Baca juga: Belajar di Ruangguru Cuma Seribu! Beli Vouchernya di AladinMall

3. Dapat Memecahkan Masalah

Selama mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah, akan ada masa di mana anak belum memahami dengan baik apa yang diajarkan oleh gurunya, sehingga mereka membutuhkan pembelajaran ekstra untuk mengerti dan menguasai materi.

Kebutuhan tersebut bisa dipenuhi melalui bimbel. Anak akan punya lebih banyak waktu untuk bertanya sembari memecahkan masalah belajar yang tengah dihadapi. Alhasil, ketika kembali belajar di sekolah, mereka akan lebih paham dan semakin siap untuk menerima materi baru yang lainnya.

4. Meningkatkan Intelegensi Anak


Kecerdasan atau intelegensi peserta didik yang mengikuti bimbel tentu saja akan meningkat dibandingkan yang tidak mengikutinya. Hal tersebut terjadi karena anak yang ikut bimbel akan memiliki waktu tambahan belajar. Hal ini akan meningkatkan kecerdasan kognitif, afektif dan psikomotor.

5. Mengisi Waktu Luang dengan Kegiatan yang Lebih Bermanfaat


Waktu adalah hal yang paling berharga. Oleh karena itu, sebisa mungkin ajarkan anak Anda untuk memanfaatkannya dengan baik. Dibandingkan menghabiskan waktu hanya untuk bermain, maka tidak ada salahnya memanfaatkan waktu dengan mengikuti program bimbingan belajar.

Baca juga: Takut Menghadapi Ujian? Les di Ruangguru Aja Mumpung Ada Diskon s.d 75% di AladinMall!

Dengan demikian, anak akan memiliki waktu yang lebih berkualitas dan produktif karena mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat. Bonusnya, anak juga dapat menghargai waktu.

6. Meningkatkan Rasa Percaya Diri


Rasa percaya diri ini akan muncul ketika anak bisa memahami materi dan berhasil dalam mengerjakan soal yang diberikan. Ketika rasa percaya diri sudah muncul, mereka akan merasa lebih siap untuk menghadapi tantangan akademis.

7. Mendapatkan Lebih Banyak Teman


Ketika mengikuti program bimbingan belajar, anak akan mengenal banyak teman baru. Tentu hal tersebut akan sangat menyenangkan. Bagi seorang anak belajar mungkin bisa membuat penat, namun jika belajarnya bersama teman sebaya dengan lingkup yang tidak formal maka kemungkinan anak tetap akan merasa nyaman di sela-sela pembelajaran, karena diibaratkan kegiatan tersebut belajar sambil bermain.

Itulah beberapa manfaat bimbel yang penting untuk diketahui para orangtua. Ini juga dapat menentukan masa depan anak yang lebih baik. Memang, mendaftarkan buah hati Anda ke sebuah lembaga bimbel membutuhkan biaya. Namun, Anda tidak perlu merogoh kocek lebih dalam kalau pesannya di AladinMall !

Dapatkan paket bimbel berkualitas dari Ruangguru. Ambil harga yang lebih terjangkau dengan diskon spesial di AladinMall. Selain itu, beli apa pun di AladinMall juga gratis ongkir tanpa batas! Makanya, download aplikasinya sekarang juga di Google Play Store dan App Store .
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4706 seconds (0.1#10.140)