5 Strategi Bisa Cepat Dapat Kerja Sebelum Lulus Kuliah, Ini Cara Efektifnya

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 10:13 WIB
loading...
5 Strategi Bisa Cepat Dapat Kerja Sebelum Lulus Kuliah, Ini Cara Efektifnya
Salah satu strategi bisa dapat kerja meski belum lulus kuliah adalah dengan memaksimalkan kesempatan magang di perusahaan tertentu. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini strategi bisa cepat dapat kerja sebelum lulus kuliah. Bisa dapat kerja sebelum lulus kuliah atau wisuda tentu bukan hal yang mustahil bagi seorang mahasiswa meskipun kebanyakan sekarang lowongan pekerjaan mensyaratkan harus punya ijazah.

Kamu jangan khawatir dulu, karena banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan hanya dengan syarat Surat Keterangan Lulus (SKL). Saat ini, sudah banyak juga mahasiswa yang mendapat pekerjaan di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meski belum resmi di wisuda.

Seperti apa caranya agar bisa dapat kerja meski belum lulus kuliah? Dirangkum dari berbagai sumber, artikel kali ini akan mengulas 5 cara agar dapat kerja sebelum lulus kuliah atau wisuda

5 Strategi Bisa Cepat Dapat Kerja Sebelum Lulus Kuliah


1. Cobalah eksis di media sosial profesional


Apakah kamu termasuk salah satu yang aktif di di media sosial LinkedIn? Platform ini kebanyakan digunakan untuk orang mencari lowongan pekerjaan. Maka dari itu, jika kamu masih jadi mahasiswa yang ingin mencari pekerjaan, maka bisa mendaftar di platform ini.

Cantumkan semua kegiatan yang pernah diikuti selama menjadi mahasiswa. Mulai dari acara organisasi, volunteer, hingga magang pada liburan akhir semester. Semakin bagus isi profil, skill, dan pengalaman selama menjadi mahasiswa kamu cantumkan, kamu akan mudah dilirik banyak HRD perusahaan global.

2. Membangun relasi


Relasi itu penting untuk membangun karakter, skill, dan cara mendapatkan pekerjaan. Misalnya, ketika kamu suka mengikuti acara tertentu dan bergabung organisasi dengan senior kamu, biasanya akan ada informasi mengenai seputar pekerjaan dan karier.



Manfaatkan kesempatan ini untuk mencari karier yang cocok. Kamu juga bisa membangun jaringan dengan para alumni dari kampus untuk memperoleh informasi lowongan kerja.

3. Magang di perusahaan


Jangan sia-siakan kesempatan magang. Ketika magang, jangan berpikir untuk bekerja seadanya. Justru saat itulah kamu bisa belajar banyak hal, membangun relasi, mengenal banyak job desk, dan bisa bertanya pada senior atau atasan di perusahaan terkait skill dan keahlian kamu.

4. Cari lebih banyak skill baru


Saat menjadi mahasiswa, ada baiknya kamu mencari banyak skill baru di luar jurusan. Dengan begitu, kamu saat lulus kuliah sudah punya banyak skill yang bisa menambah nilai plus perusahaan.

5. Mencoba mencari sertifikasi keahlian


Setiap jurusan, seringkali memiliki sertifikat keahlian yang sesuai. Misalnya, mahasiswa Jurusan Teknik atau mahasiswa Ilmu Komunikasi yang bisa mengambil sertifikat keahlian sesuai jurusan.

Bisa juga bila kamu ingin bekerja di industri makanan dan minuman, maka bisa mengikuti pelatihan dan mendapat sertifikasi HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Points) atau ISO (International Organization for Standardization).
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)