Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Ulasan Novel

Minggu, 22 Oktober 2023 - 12:12 WIB
loading...
Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Ulasan Novel
Teks ulasan novel bertujuan membantu pembaca untuk membuat keputusan saat memilih buku untuk dibaca. Foto/Unsplash.
A A A
JAKARTA - Teks ulasan novel bertujuan membantu pembaca untuk membuat keputusan saat memilih buku untuk dibaca. Para pembaca nantinya akan lebih mendapatkan wawasan tentang isi dalam buku tersebut yang sesuai dengan minat mereka.

Ulasan novel juga membantu dalam menganalisis dan menginterpretasikan makna sastra serta sering memunculkan diskusi tentang tema, gaya penulisan, karakter tokoh, dan pesan yang terkandung dalam sebuah karya.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini pengertian, struktur, dan contoh teks ulasan novel

Pengertian Teks Ulasan Novel


Teks ulasan novel merupakan jenis tulisan yang melibatkan analisis, penilaian dan interpretasi atas sebuah karya sastra. Tujuan dibuatnya Teks ulasan novel adalah untuk memberikan pandangan mendalam tentang cerita, karakter tokoh, gaya penulisan dan makna atau pesan yang terkandung dalam sebuah cerita novel.

Untuk lebih menarik minat pembaca, Teks ulasan novel dapat mulai ditulis dengan gambaran singkat tentang buku tersebut. Tentang mengapa Anda memilih untuk membacanya serta bagaimana buku tersebut mempengaruhi Anda. selanjutnya, jika Anda merasa banyak terinspirasi dari buku tersebut, tulis pengalaman Anda untuk memperkuat ulasan Anda mengenai novel tersebut.

Struktur Teks Ulasan

Orientasi


Orientasi dapat ditulis dengan latar belakang seperti genre, tema, judul dan beberapa informasi singkat mengenai novel yang akan diulas. Dalam struktur ini dapat ditambahkan pendapat singkat Anda tentang novel yang akan anda ulas.

Tafsiran


Anda dapat menuliskan detail mengenai sebuah novel seperti ringkasan singkat tentang alur novel yang akan diulas dan perkenalkan beberapa tokoh penting dalam buku. Namun hindari memberikan terlalu banyak detail pada penulisan tafsiran ini.

Evaluasi


Berikan pandangan Anda tentang isi dalam novel yang akan diulas. Pada penulisan Evaluasi ini, pengulas biasanya menyampaikan kelebihan dan kekurangan pada novel tersebut. Pengulas juga bisa memberikan Evaluasi untuk gaya penulisan, struktur kalimat, dan teknik penulisan yang digunakan oleh penulis novel.

Baca juga: 10 Rekomendasi Resensi Novel untuk Membuka Dunia Literasi

Rangkuman


Dalam rangkuman, Anda dapat memberikan komentar tentang berkualitas atau tidaknya novel tersebut. Berikan rekomendasi akhir apakah Anda merekomendasikan buku ini kepada pembaca. Untuk lebih memperkuat, jelaskan alasan dibalik rekomendasi Anda.

Contoh Teks Ulasan

1. Contoh Teks Ulasan Novel Bumi dan Manusia

Orientasi

Bumi Manusia adalah seri pertama dari tetralogi “Buru” karya satu sastrawan besar Indonesia, yakni Pramoedya Ananta Toer yang menjadi salah satu nobel paling populer dan terkenal asal Indonesia. Pramoedya Ananta Toer menulis Bumi Manusia saat mendekam di penjara pada tahun 1975, tepatnya di pulau Buru. Pada tahun 1981, novel ini sempat dilarang terbit karena dinilai mengandung ajaran-ajaran yang tidak baik.

Bumi Manusia dinilai memiliki pengaruh yang besar terhadap penulisnya. Pramoedya Ananta Toer bahkan pernah hampir diusulkan untuk menerima penghargaan Nobel atas novelnya ini sebab sampai tahun 2005 Bumi Manusia telah dirilis dengan 33 bahasa yang berbeda.

Tafsiran

Kisah ini adalah tentang dua insan manusia yang saling mencintai di atas panggung helatan masa kolonial Belanda. Dengan kehebatannya, Pramoedya membawa pembaca benar-benar dibawa masuk ke dalam suasana khas kolonial dengan hiruk pikuk penjajahannya.

Bumi Manusia menceritakan seorang pemuda pribumi bernama Minke, seorang pribumi yang karena berkulit gelap dan kerap diejek oleh kaum Belanda. Padahal, untuk ukuran seorang pribumi kala itu, Minke tergolong pria yang berpendidikan dan terpelajar. Minke pun berkesempatan untuk menimba ilmu di sekolah Hindia-Belanda.

Di sekolahnya itu, mayoritas gurunya berasal dari benua Eropa terutama Belanda. Tidak heran jika kebudayaan dan literasi tanah Eropa sudah berakar di dalam sekolah tersebut. Karena lingkungannya itu, Minke mulai mengagumi kebudayaan Eropa dan bahkan hampir lupa akan asalnya sendiri.

Evaluasi

Kelebihan utama dari novel Bumi Manusia adalah penggambaran sejarahnya yang sangat detail dan kaya. Secara seksama, isi novel begitu memperhatikan keadaan sosial, politik, dan suasana pada abad kala itu. Apa yang disajikan buku ini bukan hanya semata kisah penjajahan yang klise saja, melainkan juga detail-detail lain yang jarang diamati dan justru menimbulkan kisah yang lebih lirih lagi.

Baca juga: Sumbangkan Ratusan Buku di Tangerang, MNC Peduli Ingin Dorong Visi Generasi Emas 2045

Kemampuan penulis dalam novel ini begitu tercerminkan. Pikirannya yang tajam, bahasanya yang mengalun, pemilihan kata yang tepat, benar-benar berhasil menyihir dan membawa pembaca masuk lebih dalam ikut merasakan kisah Minke. Tidak heran novel ini juga diminati di berbagai bahasa selain bahasa Indonesia.

Sejujurnya novel ini hampir tidak memiliki kekurangan sama sekali. Hanya saja mungkin di beberapa bagian terdapat pemikiran dan istilah yang sulit dipahami. Terlebih lagi bagi orang awam atau yang pengetahuan dan literasinya seluas Pramoedya Ananta Toer. Tetapi justru hal tersebutlah yang membuat nove ini istimewa.

Rangkuman

Dengan kombinasi antara narasi yang mempesona, citra yang epik, dan pesan amanat yang kuat, Bumi Manusia siap menyihir pembaca untuk masuk ke dalam dunianya. Tentu fenomena yang hampir membuatnya mendapatkan penghargaan Nobel sudah cukup mencerminkan kualitas dan kekuatannya.

2. Contoh Teks Ulasan Novel Sang Pemimpi

Orientasi

Novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata merupakan buku kedua dari tetralogi Laskar Pelangi. Ceritanya mengisahkan lika-liku perjalanan hidup sang penulis yang digambarkan dalam tokoh bernama Ikal, bersama teman-temannya yang sedang dilanda jerat kemiskinan. Di tengah kenakalan saat masa-masa SMA, ia dan teman-temannya pun tetap berjuang mengejar mimpi untuk bisa bersekolah ke luar negeri dan meraihnya.

Tafsiran

Novel ini menggunakan bahasa yang sangat puitis dan mampu menyihir pembacanya untuk ikut serta merasakan kesedihan, kebahagiaan, keputusasaan, dan semangat dari setiap tokohnya. Selain itu, dalam novel ini juga tersurat lelucon-lelucon cerdas yang dapat menggelitik pola pikir para pembacanya.

Evaluasi

Meskipun novel Sang Pemimpi merupakan buku kedua dari Laskar Pelangi, tapi novel ini tidak memiliki kaitan sama sekali dengan buku pertamanya. Namun, novel ini juga memberikan pesan yang sama, yaitu jangan sampai kemiskinan menjadi penghalang untuk meraih dan mewujudkan impian kita.

Rangkuman

Secara keseluruhan, kisah dalam novel Sang Pemimpi sangat serat akan wawasan baru mengenai kehidupan para remaja daerah, terutama di Pulau Belitung. Novel ini pun mengajarkan pembaca betapa pentingnya kerja keras dan tetap semangat untuk tidak pantang menyerah.

Secara keseluruhan, kisah dalam novel Sang Pemimpi sangat serat akan wawasan baru mengenai kehidupan para remaja daerah, terutama di Pulau Belitung. Novel ini pun mengajarkan pembaca betapa pentingnya kerja keras dan tetap semangat untuk tidak pantang menyerah.

3. Contoh Teks Ulasan Novel Surat Kecil Untuk Ayah


Orientasi

Satu lagi novel karya Boy Candra yang begitu laris di pasaran, Surat Kecil Untuk Ayah. Novel ini terbilang masih fresh karena baru saja dirilis pada tahun 2018 yang lalu, belum terlalu lama. Kisahnya menceritakan para ayah yang selalu bisa menyempatkan waktunya untuk keluarga tercinta sekaligus bekerja banting tulang tanpa batas. Meskipun begitu, ayah juga seorang manusia. Dalam novel ini, tokoh utamanya menggunakan sudut pandang orang pertama, yaitu Aku.

Tafsiran

Cerita diawali dengan kehidupan seorang lelaki. Ia memiliki kasih dan cinta yang tak terkira untuk keluarganya, bekerja sepenuh hati, dan tetap bisa tersenyum di pagi hari. Tak lain dan tak bukan, lelaki tersebut adalah Ayah. Dalam novel ini, ayah digambarkan tidak pernah letih untuk membuat anaknya senang dan nyaman. Akan tetapi, si anak seakan-akan tidak mengenal ayahnya sendiri. Kisah diakhiri ketika seorang saudara tiri meminta ia datang ke sebuah pemakaman yang ada di Jakarta.

Evaluasi

Novel karya Boy Candra ini menggunakan gaya bahasa yang mampu menghanyutkan pembaca merasakan emosi dari setiap tokohnya. Di samping itu, perjuangan seorang anak dan ibu dalam kehidupan nyata juga digambarkan di dalamnya.
Sayangnya beberapa kesalahan kata seperti salah ketik atau typo masih terdeteksi pada novel Surat Kecil Untuk Ayah ini. Ada juga beberapa kalimat yang kurang menarik dan susah untuk dimengerti.

Baca juga: MNC Peduli Salurkan Buku Bacaan ke Taman Baca di Tangerang

Rangkuman

Terkadang kita lupa kalau ayah pun juga manusia biasa. Dengan novel ini, pembaca akan dibina untuk senantiasa menghargai ketegaran dan kerja keras seorang ayah. Terlepas dari kekurangannya, novel ini cocok dibaca oleh anak muda zaman sekarang terutama para lelaki calon pemimpin keluarga di masa yang akan datang.

4. Contoh Teks Ulasan Laskar Pelangi


Orientasi

Laskar Pelangi adalah salah satu novel karya Andrea Hirata bergenre roman yang diterbitkan tahun 2005 oleh Bentang Pustaka. Novel yang terdiri dari 259 halaman ini merupakan buku pertama yang diterbitkan dari tetralogi Laskar Pelangi, dengan tiga buku berikutnya, yaitu Sang Pemimpin, Edensor, dan Maryamah Karpov.

Tokoh utama dalam novel Laskar Pelangi adalah Ikal, seorang anak laki-laki berusia 10 tahun asli Belitung yang terlahir dari keluarga miskin. Tokoh lainnya yang menjadi teman-teman Ikal adalah Lintang, Saharan, Mahar, A Kiong, Syahdan, Kucai, Borek, Trapani dan Harun. Mereka disebut sebagai kelompok Laskar Pelangi dari SD Muhammadiyah di pulau Belitung.

Keterbatasan yang dimiliki ke-10 anak-anak Belitung ini pun tak menyurutkan semangat mereka untuk tetap bersekolah. Novel ini juga menceritakan kisah senang dan sedih dari setiap anggota Laskar Pelangi.

Tafsiran

Latar lokasi cerita pada novel Laskar Pelangi, yaitu berlatar di Desa Gantung, Kabupaten Gantung, Belitung Timur. Diawali dengan kisah SD Muhammadiyah yang diancam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jika tidak memiliki 10 orang siswa.

Pada awalnya, hanya ada 9 orang anak saja yang mendaftar. Namun, saat Pak Harfan, kepala sekolah SD Muhammadiyah hendak berpidato menutup sekolah, datanglah seorang anak laki-laki bernama Harun bersama ibunya untuk mendaftar dan menyelamatkan sekolah tersebut.

Pendaftaran Harun lah yang memulai cerita novel Laskar Pelangi, yang selanjutnya diikuti kisah perkenalan setiap siswa di kelas, pemilihan ketua kelas, kisah cinta pertama Ikal, hingga kemenangan Lintang dalam lomba cerdas cermat. Kisah ke-10 anak yang bersekolah di SD Muhammadiyah ini sangatlah kocak dan mengharukan.

Evaluasi

Novel ini memiliki kelemahan dari segi penggunaan nama ilmiah dengan glosariumnya yang terdapat pada bagian belakang, bukan pada catatan kaki, sehingga pembaca merasa kurang nyaman, bahkan kesulitan untuk memahami istilah yang digunakan. Bagian ini kerap menghambat proses imajinasi saat membaca.

Ditambah lagi, perpindahan alur ceritanya juga kurang jelas, karena ada begitu banyak cerita yang secara mendalam mengisahkan hampir setiap tokoh di novel ini. Maka dari itu, benang merah dalam novel ini pun jadi kurang jelas dan sedikit membuat bingung. Namun, secara keseluruhan cerita sangatlah baik, terlebih dari segi persahabatan dan pendidikan. Kisah yang dikemas dengan kalimat-kalimat puitis membuat pembaca terharu.

Rangkuman

Ada banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik dari kisah dalam novel Laskar Pelangi. Salah satunya, yakni agar kita pandai bersyukur dengan apa yang sudah diberikan oleh Tuhan. Tak hanya itu, tapi juga mengajari kita untuk tidak pantang menyerah dalam meraih impian kita.

MG/Kalyca Keysha Alfiani
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)