Capres dan Cawapres 2024 Ini Pernah Menjadi Rektor, Kampus Mana?

Senin, 23 Oktober 2023 - 10:59 WIB
loading...
Capres dan Cawapres 2024 Ini Pernah Menjadi Rektor, Kampus Mana?
Capres dan cawapres yang maju di Pilpres 2024 dan pernah menjadi rektor menarik untuk diketahui. Foto/MPI.
A A A
JAKARTA - Capres dan Cawapres yang akan berlaga di Pilpres 2024 memiliki rekam jejak karier yang menarik untuk disimak. Salah satunya adalah jabatan rektor yang pernah diemban oleh dua tokoh publik yang akan berlaga di Pilpres 2024 mendatang.

Saat ini sudah resmi ada tiga pasang Capres dan Cawapres yang akan maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Yaitu pasangan Capres-Cawapres yang diusung Partai Perindo Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, lalu pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ketiga pasangan tersebut memiliki rekam jejak pendidikan hingga karier yang mumpuni di bidangnya masing-masing. Seperti Ganjar Pranowo yang pernah sukses memimpin Jawa Tengah serta Mahfud MD, ahli bidang hukum yang saat ini menjabat Menko Bidang Politik Hukum dan HAM.

Baca juga: 3 Organisasi Ekstra Kampus yang Diikuti Pasangan Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin

Di antara riwayat pekerjaan masing-masing Capres dan Cawapres 2024 tersebut, ada dua tokoh yang pernah memimpin sebuah perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia. Berikut ini ulasannya.

Capres dan Cawapres 2024 yang Pernah Menjadi Rektor

1. Mahfud MD


Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, S.H., S.U., M.I.P., lahir di Sampang, Madura, Jawa Timur, 13 Mei 1957 yang dikenal sebagai akademisi dan profesional. Sebelum menjabat sebagai Menko Polhukam, Mahfud MD menjabat Ketua Mahkamah Konstitusi dan Menteri Pertahanan.

Di tengah kesibukannya duduk sebagai anggota DPR, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) ini menjadi Rektor Universitas Islam Kadiri (Uniska) sejak 2003 hingga 2006.

Uniska adalah kampus swasta yang berlokasi di Jalan Sersan Suharmaji No 38, Manisrenggo, Kediri, Jawa Timur. Universitas Islam Kadiri berdiri pada 20 Juni 2983.

Uniska memiliki lima fakultas dan satu program pascasarjana. Yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik, dan Program Pascasarjana.

2. Anies Baswedan


Pria kelahiran 7 Mei 1969 ini adalah mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) untuk Kabinet Kerja sejak 26 Oktober 2014 dan digantikan oleh Muhadjir Effendy pada reshuffle kabinet pada 27 Juli 2016.

Baca juga: Riwayat Pendidikan Royhan Akbar, Anak Bungsu Mahfud MD Lulusan Hukum

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini merupakan cucu dari pejuang kemerdekaan Abdurrahman Baswedan. Anies adalah inisator Gerakan Indonesia Mengajar, gerakan yang mengirim para pengajar muda ke daerah pelosok di Tanah Air.

Anies Baswedan adalah mantan Rektor Universitas Paramadina. Dia dilantik menjadi rektor Universitas Paramadina pada 2007 lalu dan kala itu dia adalah rektor termuda di Indonesia dimana pada saat itu usianya baru 38 tahun.

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998 dan saat ini menawarkan kelas jenjang sarjana dan pascasarjana. Untuk S1 ada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Rekayasa, dan Fakultas Falsafah dan Peradaban.

Lalu untuk kelas pascasarjana kampus yang memiliki tiga lokasi yakni Kampus Jakarta, Kampus Cipayung, dan Kampus Cikarang ini memiliki Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Falsafah dan Peradaban.

Demikian informasi Mahfud MD dan Anies Baswedan yang pernah menjadi rektor perguruan tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat ya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0922 seconds (0.1#10.140)