3 Organisasi Ekstra Kampus yang Diikuti Pasangan Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin

Senin, 23 Oktober 2023 - 09:51 WIB
loading...
3 Organisasi Ekstra Kampus yang Diikuti Pasangan Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin
Organisasi ekstra kampus yang pernah diikuti pasangan capres-cawapres 2024 menarik untuk diketahui. Foto/Azis Indra.
A A A
JAKARTA - Ada tiga organisasi ekstra kampus yang diikuti pasangan Capres dan Cawapres 2024 Ganjar Pranowo -Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Masing-masing pernah menjadi kader GMNI , HMI, dan PMII.

Selain Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), mahasiswa baru juga perlu tahu ada sejumlah organisasi ekstra kampus besar di Indonesia. Organisasi ekstra kampus ini sudah banyak melahirkan tokoh-tokoh yang berpengaruh di segala bidang di Indonesia, termasuk pemerintahan dan politik.

Diketahui, pasangan Capres dan Cawapres yang diusung Partai Perindo Ganjar Pranowo dan Mahfud MD merupakan alumni organisasi ekstra kampus besar di Indonesia. Begitu pula pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Baca juga: GMNI dan HMI, Organisasi Ekstra Kampus yang Diikuti Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, Kamu Gabung Mana?

Berikut ini organisasi ekstra kampus yang pernah diikuti kedua pasangan tersebut.

1. Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI)


GMNI adalah organisasi yang diikuti Ganjar Pranowo. Semasa dia berkuliah di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM), Ganjar memilih bergabung dengan GMNI, sebuah organisasi yang bergerak atas dasar pemikiran Marhaenisme Bung Karno.

GMNI lahir dari peleburan tiga organisasi yakni Gerakan Mahasiswa Marhaenis yang berpusat di Yogyakarta, Gerakan Mahasiswa Merdeka di Surabaya, dan Gerakan Mahasiswa Demokrat Indonesia yang kantor pusatnya ada di Jakarta.

Pada 23 Maret 1954 diselenggarakan kongres pertama GMNI di Surabaya yang ditetapkan sebagai hari jadi GMNI. Saat ini GMNI dipimpin seorang ketua umum bernama Arjuna Putra Aldino.

2. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)


Mahfud MD, cawapres 2024 yang diusung Partai Perindo ini dikenal sebagai aktivis HMI selama dia duduk di bangku kuliah. Pilihannya pada HMI didorong oleh pemahamannya terhadap medan politik di Universitas Islam Indonesia (UII). Sebab, saat itu untuk bisa menjadi pimpinan organisasi intra kampus harus berstempel aktivis HMI.

Baca juga: 8 Organisasi Ekstra Kampus dengan Jaringan Kuat, Banyak Lahirkan Tokoh Nasional

HMI didirikan di Yogyakarta pada 5 Februari 1947. Organisasi lahir atas atas prakarsa Lafran Pane beserta 14 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam (sekarang UII). Lafran Pane adalah seorang mahasiswa Fakultas Hukum UII.

Gagasan Lafran adalahingin membentuk organisasi mahasiswa bernapaskan Islam. Tujuan didirikan HMI adalah mempertahankan NKRI dan mempertinggi derajat rakyat Indonesia, menegakkan dan mengembangkan ajaran Islam. Saat ini Ketua Umum HMI adalah Raihan Ariatama.

Selain Mahfud MD, kader HMI lainnya adalah Anies Baswedan. Anies masuk HMI dan menjadi salah satu anggota Majelis Penyelamat Organisasi saat dia menjadi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM).

3. Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)


PMII adalah organisasi dan gerakan kaderisasi yang berlandaskan Islam Ahlussunah Waljamaah. PMII lahir di Surabaya pada 17 April 1960.

Semasa kuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UGM, Muhaimin Iskandar dikenal sebagai alumni HMI. Bahkan dia pernah menjadi Ketua Cabang PMII Yogyakarta dari tahun 1994 hingga 1997.

Demikian tiga organisasi ekstra kampus yang diikuti pasangan Ganjar Pranowo- Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Semoga informasi ini bermanfaat.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)