10 Jurusan Kuliah Tersulit, Bukan Hanya Kedokteran dan Teknik

Selasa, 24 Oktober 2023 - 08:51 WIB
loading...
10 Jurusan Kuliah Tersulit, Bukan Hanya Kedokteran dan Teknik
Memilih jurusan kuliah bukan perkara mudah. Oleh karena itu jurusan apa yang ingin dipilih perlu disiapkan dari sekarang. . Foto/UPNVJ.
A A A
JAKARTA - Memilih jurusan kuliah bukan perkara mudah. Jika salah memilih jurusan bisa-bisa terancam lama lulus bahkan menjadi mahasiswa abadi.

Dalam beberapa bulan lagi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN) akan dimulai. Jalur yang pertama kali dibuka adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), dilanjut Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan seleksi mandiri.

Cermat memilih jurusan sebaiknya perlu disiapkan sejak dini. Setiap calon mahasiswa memiliki alasan tersendiri dalam memilih jurusan. Ada yang ingin mewujudkan cita-cita, sesuai dengan passion, ingin kuliah di jurusan favorit, atau jurusan yang prospek kerjanya cerah.

Baca juga: Ini 40 Jurusan Paling Ketat, Sulit Ditembus di SNBT 2023, Berani Pilih?

Namun, ada beberapa jurusan yang ternyata memiliki reputasi sebagai jurusan yang sulit masuk,sulit keluar. Dikutip dari laman Brain Academy, berikut ini 10 jurusan kuliah tersulit di Indonesia.

10 Jurusan Kuliah Tersulit

1. Jurusan Biologi dan Sel Molekuler

Salah satu jurusan yang dibilang sulit masuk sulit keluar itu adalah jurusan Biologi dan sel molekuler. Jurusan Biologi dan Sel Molekuler akan mempelajari bagaimana kapasitas dan bentuk-bentuk dari makhluk hidup.

Selama di jurusan ini mahasiswa akan belajar berbagai bidang ilmu, seperti kimia, sains, matematika, biokimia, ekologi, hingga imunologi.

Meskipun dianggap sulit, lulusan dari jurusan ini memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Seperti menjadi seorang ahli di biang Biomedis, Biostatistik, Researcher, dan sebagainya.

2. Jurusan Astronomi


Jurusan yang satu ini memang terbilang sulit apalagi hanya tersedia di satu PTN yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB). Pastinya menjadi satu-satunya kampus yang menyediakan jurusan Astronomi, ITB akan menyeleksi dengan ketat calon mahasiswanya untuk mendapatkan mahasiswa unggul.

Jurusan astronomi memang cukup kompleks. Mahasiswa dituntut ketekuna dalam mengamati dan menganalisis fenomena di luar angkasa. Bidang ilmu yang dipelajar luas mulai dari pemrograman, software, hingga statistika.

3. Jurusan Teknik


Konon sangat sulit untuk bisa mendapatkan nilai tinggi di jurusan yang mengharuskan mahasiswanya hafal di luar otak materi-materi fisika, biologi, geologi, statistik, hingga kalkulus ini. Tidak aneh jika mahasiswa Jurusan Teknik dikatakan memiliki nilai lebih rendah dari mahasiswa di jurusan lain.

Saking sulitnya, Jurusan Teknik bahkan sampai disebut sebagai ‘jurusan neraka’ oleh National Center for Education Statistics. Semua cabang dari ilmu Teknik ini dianggap tidak mudah. Mulai dari Teknik Kimia, Teknik Elektro, dan yang menjadi bintang utama dalam pembahasan kali ini, yaitu Jurusan Teknik Sipil.

4. Jurusan Matematika


Salah satu mata pelajaran yang banyak siswa hindari adalah matematika padahal matematika disebut sebagai ibu dari segala ilmu. Alih-alih tertarik, banyak yang takut dan mundur jika mendengar nama matematika.

Baca juga: 15 Jurusan Saintek Sepi Peminat di Universitas Sriwijaya Tahun 2023

Memang dalam memahami ilmu Matematika, kamu membutuhkan dedikasi, ketekunan, dan usaha yang ekstra. Sebab selama kuliah, kamu akan dipertemukan dengan Aljabar, Geometri, Analisis Matematika, komputasi, aktuaria, hingga riset operasi, yang tentunya penuh dengan angka, rumus, dan teori.

5. Jurusan Ilmu Fisika Murni


Sama halnya dengan matematika, fisika juga penuh dengan rumus dan kerumitan yang sama dihindari oleh siswa yang takut dengan pelajaran matematika.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1518 seconds (0.1#10.140)