10 Jurusan Jalur Mandiri Banyak Diminati di UIN Bandung, Manajemen hingga Jurnalistik

Selasa, 24 Oktober 2023 - 14:23 WIB
loading...
10 Jurusan Jalur Mandiri Banyak Diminati di UIN Bandung, Manajemen hingga Jurnalistik
Jurusan Psikologi menjadi jurusan paling banyak diminati di UIN Sunan Gunung Djati (SGD) atau biasa disebut UIN Bandung. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 10 jurusan kuliah jalur mandiri paling banyak diminati di UIN Bandung. UIN Bandung atau biasa disebut UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung menjadi salah satu kampus Islam negeri terbaik di Indonesia.

Sebagai rujukan, lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia yakni Webometrics menempatkan UIN Bandung sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terbaik di Indonesia tahun 2023. Dengan status itu tak mengherankan apabila UIN Bandung banyak diincar calon mahasiswa.

Dikutip dari Instagram @uinsgd.official, setidaknya ada 10 jurusan paling diminati di UIN Bandung melalui jalur mandiri yang bisa dijadikan referensi calon mahasiswa untuk mendaftar di 2024. Jurusan apa saja? Artkel kali ini akan membahasnya secara tuntas.

10 Jurusan Jalur Mandiri Paling Diminati di UIN Bandung


1. Jurusan Psikologi


Jurusan kuliah dengan peminat terbanyak pertama yaitu Psikologi, dengan jumlah 4185 pendaftar.Prospek kerja psikologi bisa menjadi seorang HRD perusahaan, konsultan dan psikologi klinis.

2. Manajemen


Jurusan kuliah dengan peminat kedua yaitu manajemen dengan jumlah peminat sebanyak 3519 pendaftar.Prospek kerja manajemen diantaranya, sebagai akuntan, market researcher, HRD perusahaan, Business Development dan Production Manager.

3. Administrasi Publik


Administrasi publik menjadi jurusan kuliah dengan peminat terbanyak ketiga dengan jumlah peminat 2665 pendaftar.Jurusan kuliah ini memiliki prospek kerja sebagai Tata Usaha, Peneliti, Konsultan Pemerintah dan Pegawai Negeri Sipil.

4. Ilmu Hukum


Jurusan kuliah ini banyak menjadi incaran di berbagai kampus. Sama hal nya di UIN Bandung, Ilmu hukum terbanyak keempat dengan 1825 peminat.Prospek kerjanya menjadi Notaris, Politisi, Pengacara, Diplomat, Hakim dan Jaksa.


5. Teknik Informatika

Pada posisi kelima yaitu teknik informatika dengan 1546 peminat. Jurusan kuliah ini memiliki peluang prospek kerja di antaranya, application engineer, software engineer, data scientist, dan technopreneur.

6. Ilmu Komunikasi Humas


Di UIN Bandung jurusan Ilmu komunikasi terdiri atas dua program studi, salah satunya prodi Hubungan Masyarakat (Humas) dengan peminat sebanyak 1.440 pendaftar. Prospek kerja jurusan Ilmu komunikasi humas antara lain sebagai public relation, event planner, event organizer dan content writer.

7. Bimbingan Konseling Islam


Di urutan ketujuh diisi oleh Bimbingan Konseling Islam (BKI) sebanyak 1331 pendaftar. Prospek kerja bimbingan konseling Islam di antaranya, konsultan pendidikan, konsultan karir, dosen, dan pekerja sosial.

8. Pendidikan Agama Islam


Pendidikan Agama Islam di UIN Bandung pada jalur mandiri diminati sebanyak 1328 pendaftar. Prospek kerja jurusan ini antara lain guru agama Islam, Pegawai Negeri Sipil, dosen.

9. Ilmu Komunikasi Jurnalistik


Daya tarik sesama ilmu komunikasi ini sama banyaknya, pada prodi jurnalistik menduduki posisi kesembilan dengan jumlah 1.325 peminat. Prospek kerja jurnalistik, diantaranya sebagai news anchor, wartawan, jurnalis, copywriter dan dosen.

10. Sastra Inggris


Peringkat sepuluh diduduki oleh Sastra Inggris dengan 1267 peminat.Prospek kerja jurusan kuliah ini adalah sebagai penerjemah, guru Bahasa, concierge hotel dan sastrawan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)