Potret 3 Anak Mahfud MD, Tidak Memakai Nama Besar Ayahnya Ketika Mengenyam Pendidikan

Selasa, 24 Oktober 2023 - 16:55 WIB
loading...
Potret 3 Anak Mahfud MD, Tidak Memakai Nama Besar Ayahnya Ketika Mengenyam Pendidikan
Di tengah ramainya pemberitaan resmi Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar Pranowo pada Pemilu 2024, ketiga anak Mahfud pun turut menjadi sorotan. Foto/Riana Rizkia.
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD resmi diusung sebagai Calon Wakil Presiden ( Cawapres ) berpasangan dengan Calon Presiden (capres) Ganjar Pranowo. Deklarasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres Ganjar-Mahfud dilakukan di Gedung Arsip Nasional pada rabu (18/10) malam. Keduanya pun sudah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis, (19/10) lalu.

Di tengah ramainya pemberitaan resmi Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar Pranowo pada Pemilu 2024, ketiga anak Mahfud pun turut menjadi sorotan. Apalagi, ketiganya tidak terjun ke dunia politik dan memilih bidang yang berbeda dengan Mahfud. Berikut merupakan sosok ketiga anak Mahfud MD yang dilansir berbagai sumber.

1. Mohammad Ikhwan Zein

Potret 3 Anak Mahfud MD, Tidak Memakai Nama Besar Ayahnya Ketika Mengenyam Pendidikan

Mohammad Ikhwan Zein. Foto/Istimewa.

Mohammad Ikhwan Zein, yang merupakan putra sulung dari Mahfud MD dan Zaizatun Nihayati yang mengejar karier berbeda dengan ayahnya. Lahir pada 15 Maret 1984, ia berprofesi sebagai seorang dokter spesialis dalam bidang kedokteran olahraga. Ikhwan juga pernah menjabat sebagai anggota komite medis Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) pada periode 2016 hingga 2020.

Baca juga: 3 Jurusan Kuliah Mahfud MD dari S1 hingga S3, Satu Almamater Denganmu?

Pria yang akrab disapa Dokter Ikhwan tersebut berhasil meraih gelar sarjana kedokteran dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia menyelesaikan gelar sarjana kedokterannya pada tahun 2006 di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, kemudian melanjutkan pendidikan tingginya pada tahun 2008. Pada tahun 2013, ia berhasil menyelesaikan pendidikan sebagai seorang dokter spesialis dalam bidang Ilmu Kedokteran Olahraga di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Selain itu, Ikhwan juga meraih gelar doktor dari University of Amsterdam.

Mahfud bercerita, sejak duduk di bangku sekolah, Ikhwan sudah mandiri dengan mencari beasiswa sendiri. Ia sudah diberi amanah oleh sang ayah agar tidak menggunakan nama besar yang dimiliki ayahnya. Sehingga orang-orang tak mengetahui jika Ikhwan adalah anak dari Mahfud MD.

Pada usia 39 tahun, ia pernah terlibat dalam Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar. Saat ini, ia tinggal dan bekerja di Belanda bersama dengan istrinya dan putrinya.

2. Vina Amalia

Potret 3 Anak Mahfud MD, Tidak Memakai Nama Besar Ayahnya Ketika Mengenyam Pendidikan

Vina Amalia. Foto/Istimewa.

Sama seperti kakaknya, Vina Amalia mengikuti jejak kakaknya sebagai dokter Vina. Lahir pada 15 Juli 1989, nama dari Vina Amalia terinspirasi dari penyanyi legendaris Indonesia, Vina Panduwinata. Mahfud dalam ciutannya di platform media sosial X pernah bercerita tentang asal usul nama tersebut.

“Anak sy yg kedua lahir pd tahun 1989. Saat itu sy suka mendengarkan lagu CINTA Vina Panduwinata. Vina adl kata dlm bhs Arab (Fiinaa) yg berarti "pada diriku". Maka anak saya yg kedua saya beri nama Vina Amalia. Arti dan harapannya, "Pada diriku diberkati dgn amal-amal yang baik". Ketik Mahfud di platform media sosial X.

Baca juga: Arti MD pada Nama Mahfud MD, Benarkah Singkatan Madura?

Vina menempuh pendidikan kedokteran di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dan lulus pada tahun 2012. Ia kemudian melanjutkan studi magister dengan program kedokteran klinik. Vina berhasil lulus pada September 2022 lalu. Terakhir, Vina Amalia bekerja di RSUD Dr.Soetomo Surabaya sebagai Dokter Ortopedia Bedah Tulang.

3. Royhan Akbar

Potret 3 Anak Mahfud MD, Tidak Memakai Nama Besar Ayahnya Ketika Mengenyam Pendidikan

Royhan Akbar. Foto/Istimewa

Anak Bungsu dari Mahfud MD mengikuti jejak kakak-kakaknya untuk tidak memakai nama besar sang ayah dalam mengejar pendidikan dan cita-cita. Ia mengikuti jenjang karier sang ayah dalam bidang Hukum.

Baca juga: Capres dan Cawapres 2024 Ini Pernah Menjadi Rektor, Kampus Mana?

Pria kelahiran 8 Februari 1991 itu mengejar gelar sarjana di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, dan melanjutkan studi magister di Columbia University, Amerika Serikat. Saat ini, ia menjalani karier sebagai pengajar/dosen di Fakultas Hukum UGM serta sebagai konsultan di firma hukum internasional, HHP Law Firm.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1598 seconds (0.1#10.140)