Project Funtastic BS 2023, Ajang Talenta Siswa MA Pembangunan Syarif Hidayatullah Jakarta

Rabu, 25 Oktober 2023 - 09:40 WIB
loading...
Project Funtastic BS 2023, Ajang Talenta Siswa MA Pembangunan Syarif Hidayatullah Jakarta
Seorang pengunjung melihat salah satu stan di Project Funtastic BS 2023 di MA Pembangunan Syarif Hidayatullah Jakarta. Foto/Istimewa.
A A A
TANGERANG SELATAN - Madrasah Aliyah (MA) Pembangunan Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar Pameran Project Funtastic BS 2023 pada Sabtu, 21 Oktober 2023. Kegiatan tersebut menjadi wadah menggali potensi dan talenta bagi para siswa, khususnya tingkat SMA .

Pameran Project Funtastic BS 2023 digelar sejak pagi hari. Acara tersebut digelar bersamaan dengan pembagian rapor STS (Sumatif Tengah Semester) kelas X dan PTS (Penilaian Tengah Semester) kelas XI dan XII. Setelah pembagian rapor, para siswa bisa mengunjungi pameran.

Ada beragam kegiatan dan project menarik ditawarkan di stan-stan yang disediakan dalam pameran tersebut, yaitu stan tote bag prakarya kelas X, project P5RA kelas X (membuat sabun cair, hand sanitizer, disinfektan), project lubang jarum, project kampanye gerakan udara bersih dan sehat, dan project infografis mata pelajaran terintegrasi.

Baca juga: Dua Lokasi Sekolah Ini Paling Banyak Terjadi Kasus Bullying Pelajar hingga Agustus 2023

Kemudian, tersedia pula stan project fotografi local wisdom as reflection human being, mata pelajaran Bahasa Indonesia, video pembelajaran mata pelajaran, dan daur ulang biologi, display poster short movie. Selain itu, terdapat kegiatan ekskul menarik dalam pameran tersebut seperti ekskul band, panahan, KIR, Japan Club, hingga Gapura selamat datang.

Kepala Madrasah Aliyah Pembangunan Zakariya mengapresiasi penyelenggaraan Pameran Project Funtastic BS kali ini. Ia menilai kegiatan ini memberikan dampak yang sangat positif bagi para siswa. Dalam kegiatan ini para peserta didik diminta untuk aktif turut serta dan menampilkan karya-karya terbaiknya.

Baca juga: Info Lengkap Kampung Inggris Pare, Cara Daftar, Biaya, dan Fasilitasnya

"Kegiatan di hari Sabtu ini adalah serangkaian kegiatan Funtastic BS. Di sini kita ada pameran PJBL dan P52RA untuk belajar anak-anak kita . Karena memang kita ingin anak-anak berkarya. Makanya, hari ini kita lihat di sana banyak pameran fotografi, pembuatan handsanitizer dan yang lainnya," ujar Zakariya, melalui siaran pers, Rabu (25/10/2023).

"Ini bagian dari kita ingin menggali potensi anak-anak kita. Pameran kegiatan di hari Sabtu ini cukup komprehensif, disajikan pameran karya peserta didik dan dewan guru juga, untuk siswa ada pameran untuk mapel Agama,Bahasa, IPA, IPS, dan ada tampilan ekskul juga. Sedangkan untuk guru berupa karya tulis (buku, hasil riset) pun tidak luput ditampilkan," sambungnya.

Zakariya memastikan pameran tersebut menjadi salah satu program reguler yang digelar setiap tahun di MA Pembangunan Syarif Hidayatullah Jakarta. Menurutnya, acara tersebut selalu disambut antusias oleh seluruh Civitas Akademika MA Pembangunan, terkhusus para siswa.

"Ini semacam trade mark. Kegiatan ini sangat dinanti-nanti oleh anak-anak," jelas Zakariya.

Tak hanya siswa. Acara ini juga selalu mendapat dukungan dari pihak yayasan, dewan guru dan juga orang tua. Sebab, kegiatan tersebut dinilai sangat berguna menggali potensi dan bakat para siswa sehingga berguna dan menjadi bekal untuk masa depan mereka. Terutama saat mereka hendak menempuh perguruan tinggi.

"Saya kira anak-anak sangat potensial. Menurut saya, anak-anak memiliki kelebihan masing-masing. Oleh karenanya, dengan kegiatan ini, sekali lagi saya katakan ingin menggali potensi anak-anak," kata Zakariya.

"Kami berharap madrasah ini mudah-mudahan makin maju. Anak-anak tidak hanya fokus pembelajaran untuk akademik, tapi juga di bidang yang lain sesuai potensi mereka. Karena tantangan yang akan datang anak-anak harus multitalent. Tidak hanya cerdas secara spiritual dan akademik, tapi juga punya soft skill," tuturnya.

Penyelenggaraan Pameran Project Funtastic BS 2023 juga mendapat dukungan dari Wali Kelas 12 IIS 2, Halimatussa'diyah. Ia menilai banyak manfaat yang didapat dalam kegiatan ini.

"Kegiatan ini sangat positif menurut saya karena Pameran yang diadakan di sekolah bisa sebagai sarana untuk memupuk, membina dan mengembangkan bakat peserta didik, hal itu karena karya dan produk2 selama proses pembelajaran yang dipamerkan akan mendapatkan apresiasi dari banyak orang," kata Halimatussa'diyah.

Respons Positif Siswa


Di balik kesuksesan penyelenggaraan acara tersebut, ada tantangan yang dialami para panitia siswa dalam melakukan persiapan. Tak terkecuali dirasakan oleh Falisha.

Siswi kelas XI MA Pembangunan UIN Jakarta bercerita sempat menemukan kendala mengenai dekorasi untuk acara. Namun, berkat kerja sama dalam timnya, kendala tersebut bisa diatasi. Bahkan, bisa diselesaikan hanya dalam waktu sehari.

"Kalau kita flashback, sebenarnya kita nyiapin dekorasi ini H-1 banget. Jadi kerja kita hectic. Tapi, aku salut banget sama OSIS MPK tahun 2023/2024 karena mereka bisa diajak kerja sama, diajak satu visi. Mereka kompak ingin menyelesaikan semuanya dengan cepat," terang Falisha.

"Jujur, kalau dilihat dari kemarin, kita sempat bingung mau mulai dari mana saat dekorasi. Mungkin karena kurang komunikasi juga. Tapi, alhamdulillah banget, H-1 kita semua bekerja sama dengan baik dan solid sehingga kita bisa menyelesaikan persiapannya," tambahnya.

Falisha mengaku senang bisa terlibat dalam acara ini. Ia mengaku bangga bisa bersekolah yang memiliki program-program menarik seperti pameran ini.

"Banyak project atau acara sekolah yang belum pernah aku rasain sebelumnya. Termasuk Funtastic BS ini. Aku bangga banget sekolah di BS karena mereka punya program-program menarik," kata Falisha.

Kegiatan Pameran Project Funtastic BS 2023 juga mendapat sambutan positif dari murid kelas 12 Iis 2, Rayhan Al Pasha. Ia sangat terkesan dengan acara ini karena memberikan banyak manfaat baginya dan siswa lainnya.

"Acara ini bisa menjadi proses belajar dari umpan balik yang diberikan oleh pengunjung pameran dan guru tentang cara mereka dapat meningkatkan proyek mereka di masa depan," kata Rayhan.

"Pesan dan kesan dari acara pameran di MA Pembangunan akan bervariasi dari individu ke individu, tetapi secara keseluruhan, pameran merupakan pengalaman pembelajaran yang berharga yang dapat membantu siswa dalam pengembangan keterampilan, pengetahuan," pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2041 seconds (0.1#10.140)