Sejarah Universitas Pertahanan, Berawal dari Program Kursus di Seskoad

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 09:21 WIB
loading...
Sejarah Universitas Pertahanan, Berawal dari Program Kursus di Seskoad
Sejarah Universitas Pertahanan. Foto/Instagram @unhan_ri
A A A
JAKARTA - Universitas Pertahanan (Unhan) memiliki akar sejarah yang bersandar pada latar belakang militer. Selain dimulai dengan program khusus di Sekolah Komando Angkatan Darat (Seskoad), Unhan juga berdiri atas prakarsa para tokoh TNI.

Unhan merupakan lembaga pendidikan tinggi yang memberikan kesempatan bagi perwira TNI dan warga sipil untuk mengejar dan memperdalam pengetahuan dalam bidang pertahanan dengan berbagai perspektif, seperti aspek militer, ekonomi, politik, sosial, dan budaya.

Unhan ditetapkan sebagai perguruan tinggi melalui Surat Mendiknas Nomor 29/MPN/OT/2009 tentang pendirian Unhan. Adapun Unhan telah diresmikan pada tanggal 11 Maret 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sejarah Universitas Pertahanan


Dilansir dari laman resmi Universitas Pertahanan, sejarah berdirinya Unhan dimulai dengan sebuah program kursus di Seskoad yang dimulai pada tahun 2006.



Pada saat itu, Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso, yang juga menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), menugaskan Mayjen TNI Syarifudin Tippe yang menjabat sebagai Komandan Seskoad untuk menciptakan Kursus Strategi Perang Semesta di Seskoad.

Kursus inilah yang menjadi awal dari ide untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi yang berfokus pada studi pertahanan.

Gagasan ini sebelumnya telah dipegang oleh Presiden SBY ketika beliau masih aktif di militer. Hingga pendirian Unhan mendapat dukungan positif dari Presiden SBY. Selain itu, Profesor Juwono Sudarsono, yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan dalam Kabinet Indonesia Bersatu I, juga turut berperan dalam kelahiran Unhan.

Hingga saat ini Universitas Pertahanan masih berdiri dan menjadi lembaga pendidikan tinggi yang memberi kesempatan bagi para Perwira TNI dan masyarakat umum untuk belajar dan memperdalam Ilmu Pertahanan.

Adapun program pendidikan yang disediakan Universitas Pertahanan antara lain Sarjana/Strata 1, Magister/Strata 2 dan Doktoral/Strata 3.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2166 seconds (0.1#10.140)