Berkat Novel yang Dibaca 17 Juta Pembaca, Mahasiswa di Malang Lulus Kuliah Tanpa Skripsi

Selasa, 31 Oktober 2023 - 08:43 WIB
loading...
Berkat Novel yang Dibaca 17 Juta Pembaca, Mahasiswa di Malang Lulus Kuliah Tanpa Skripsi
Eldelafimeta, mahasiswa UMM yang lulus tanpa skripsi berkat novel. Foto/Humas UMM.
A A A
MALANG - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses lulus tanpa mengerjakan skripsi berkat novel yang dibaca belasan juta kali. Mahasiswa bernama Eldelafimeta, dari jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia ini menerbitkan dua buku novel yang dibaca sebanyak 17,6 juta kali.

El sapaan akrab mahasiswa tersebut menyampaikan, inspirasi membuat novel itu berawal dari hobinya menulis yang ia unggah di aplikasi platform online Wattpad, di tahun 2018.

Saat itu, katanya ia menulis hanya untuk mengisi kekosongan waktunya saja, namun tidak disangka di tahun 2021 tulisannya viral di TikTok. Dari situlah awal mula perjalanannya menjadi seorang penulis buku.

“Aku juga tidak tahu kenapa tulisan aku viral di Tiktok. Dari situ akhirnya aku dihubungi Coconut Books untuk bekerja sama dalam penyusunan dan pembuatan buku pertamaku,” kata Eldelafimeta, dikonfirmasi pada Senin (30/10/2023).

Baca juga: Prototipe Bisa Dikonversi Mahasiswa S2-S3 Unair agar Bebas dari Tesis dan Disertasi

Ia merasa seperti mimpi bisa menerbitkan sebuah buku. Awalnya ia menulis hanya untuk mengisi kekosongan, apalagi ia juga menunda kuliah selama beberapa tahun.

“Langkah awalku untuk menulis juga terinspirasi dari Kak Luluk, alumnus UMM yang juga menulis buku novel Mariposa saat menjadi mahasiswa. Kemudian novel Kak Luluk juga sukses dibikin film. Dari situ aku bertekad untuk bisa menjadi seperti dia,” terangnya.

Lebih lanjut, El mengatakan bahwa untuk buku keduanya, dia bekerja sama dengan beberapa penulis hebat, salah satunya penulis buku Dear Nathan. Mereka akan menerbitkan buku series. Adapun ia termasuk di series kedua yang saat ini sudah dibaca hingga kurang lebih 32 ribu pembaca.

“Dengan buku kedua ini, aku tambah semangat dan menargetkan diri untuk bisa menerbitkan tiga buku dalam satu tahun. Kalau bisa, tulisanku ini juga bisa dijadikan film seperti karya Kak Luluk,” tuturnya.

Baca juga: Kepoin Universitas Terbaik Dunia yang Menyediakan Alternatif Syarat Lulus Tanpa Skripsi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1552 seconds (0.1#10.140)