6 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Lulusan SMK, Siap-siap Daftar 2024

Kamis, 02 November 2023 - 13:19 WIB
loading...
6 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Lulusan SMK, Siap-siap Daftar 2024
Salah satu jurusan yang cocok untuk lulusan SMK adalah jurusan farmasi yang mana nanti akan memperdalam dunia apotek. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 6 jurusan kuliah yang cocok untuk lulusan SMK . Kamu sedang bersekolah di SMK atau ada cita-cita menempuh pendidikan SMK? Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu jenjang pendidikan yang setara dengan SMA.

Jika di SMA siswa akan belajarpelajaran umum, diSMKsiswa akan mempelajari ilmu sesuai dengan bidang yang dipilihnya. Sehingga hal ini membuat paraSMKbiasanya susah melanjutkan pendidikan di universitas.

Meski demikian, banyakjurusandi dunia perkuliahan yang cocok untuk siswalulusanSMK. Dikutip dari ruangmahasiswa.com, setidaknya ada 6 jurusankuliahyang cocok untuklulusanSMK. Apa saja? Artikel kali ini akan menjelaskannya, simak ya?

6 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Lulusan SMK


1.JurusanFarmasi


Jurusanfarmasiadalah salah satujurusanyang cocok untuklulusanSMKdengan kejuruanfarmasi. Setelah lulus dariSMK, kamu dapat melanjutkan studi ke sarjanafarmasiyang mana nanti akan memperdalam dunia apotek.Baik itu cara meracik dan membuat obat hingga bagaimana mengelola dan menjual obat tersebut.

2.Jurusan Pariwisata


Jurusanpariwisataadalah ilmu yang mendalami tentang kepariwisataan, baik itu segi pengelolaan destinasi wisata, pengelolaan tur dan perjalanan hingga perhotelan. Adapun skill yang dibutuhkan untukjurusanpariwisataini adalah komunikasi yang baik. Karenanantinya kamu akan banyak berkomunikasi dengan berbagai turis asal mancanegara.


3.JurusanTeknologi Informasi


Bagi siswaSMK,teknologi informasiadalah salah satujurusanfavorit karena berhubungan langsung dengan dunia teknologi. Jika masuk kejurusanteknologi informasi, kamu akan mempelajari tentang Teknik komputer dan informasi, Teknik jaringan dan Teknik telekomunikasi.

4.JurusanAkuntansi


Akuntansiadalahjurusanyang paling banyak dipilihlulusanSMK. DiSMKtentunya sudah mempelajari hal dasar tentangAkuntansidan selanjutnya jika melanjutkan ke perguruan tinggi, maka akan memasuki tahap yang lebih mendalam.

5.JurusanTata Boga


Lulus dariSMKTata Boga, kamu dapat memperluas ilmu dengan masukjurusanTata Boga.Nantinyalulusanini dapat membuka peluang karier dan memulai bisnis kuliner, bahkan dapat menjadi chefdi berbagai restoran atau hotel ternama.

6.JurusanTata Busana


Tak hanya menjahit saja,jurusantata busanajuga membantu mahasiswa untuk mempelajari tentang desain pakaian, pembuatan pola, pengenalan jenis bahan dan pembuatan proyek terkait mode.

Selain tentang busana,jurusanini nantinya juga mempelajari tentang pemasaran dan manajemen bisnis fashion yang baik, fotografi fashion dan cara menggambar model.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2506 seconds (0.1#10.140)