Ini Beda Jurusan Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis yang Perlu Diketahui, Jangan Gagal Paham

Senin, 06 November 2023 - 10:18 WIB
loading...
Ini Beda Jurusan Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis yang Perlu Diketahui, Jangan Gagal Paham
Di bawah naungan Fakultas Ekonomi ada dua prodi yang perlu diketahui perbedaannya agar tak salah pilih yakni jurusan administrasi bisnis dan jurusan manajemen bisnis.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini perbedaan antara jurusan administrasi bisnis dan manajemen bisnis yang perlu diketahui calon mahasiswa. Kuliah di Fakultas Ekonomi menjadi cita-cita banyak calon mahasiswa karena masa depan lulusannya yang menjanjikan.

Di jurusan ekonomi ada banyak program studi yang bisa dijadikan pelabuhan studi di antaranya adalah jurusan adimistrasi bisnis dan manajemen bisnis.

Sayangnya, saat ini tak sedikit orang yang menyamakan antara jurusan administrasi bisnis dan manajemen bisnis. Padahal keduanya memiliki sejumlah perbedaan.

Bagi kamu yang berminat kuliah di jurusan ekonomi perlu mengetahui perbedaan keduanya agar nantinya tidak salah program studi. Dirangkum dari berbagai sumber, artikel kali ini akan membedah perbedaan antara jurusan administrasi bisnis dan manajemen bisnis, simak ya!

Pengertian Jurusan Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis


Jurusan Administrasi Bisnis


1. Administrasi Bisnis bisa dibilang sebagai jurusan yang mempelajari mengenai segala proses yang berhubungan dengan cara menjalankan bisnis dengan sukses. Secara istilah, administrasi artinya suatu proses atau aktivitas menjalankan sebuah bisnis.

2. Saat mengambil kuliah di Jurusan Administrasi Bisnis, maka seorang mahasiswa bisa mempelajari ilmu-ilmu dasar bisnis. Ilmu-ilmu yang dimaksud seperti pemasaran, hukum bisnis dan etika, manajemen, ekonomi, akuntansi, dan sebagainya.

3. Umumnya, mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis bisa mengambil bidang keilmuan yang lebih spesifik seperti Manajemen dan Strategi Marketing, atau Kewirausahaan.

4. Lulusan Administrasi Bisnis akan memiliki tugas di satu bidang yang spesifik

Sejumlah perguruan tinggi negeri yang membuka jurusan administrasi bisnis


1. Universitas Sumatera Utara

2. UPN Veteran Yogyakarta

3. UPN Veteran Jatim

4. Universitas Diponegoro


Jurusan Manajemen Bisnis


1. Manajemen Bisnis merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang manajemen, kepemimpinan, manajemen sumber daya manusia, dan operasional personel bisnis.

2. Mahasiswa yang mengambil Jurusan Manajemen Bisnis akan lebih fokus mempelajari sisi analisis, perencanaan, dan operasi bisnis.

3. Jadi, kalau kuliah di Jurusan Manajemen Bisnis, maka seorang mahasisa akan mempelajari dasar-dasar pemasaran, ekonomi, keuangan, hukum dan etika. Tak cuma itu, kamu juga bisa belajar ilmu yang lebih spesifik seperti Perencanaan Bisnis atau Manajemen Sumber Daya Manusia.

4. Lulusan Manajemen Bisnis memiliki tanggung jawab di level yang lebih tinggi seperti kerja sama antar perusahaan

Sejumlah perguruan tinggi negeri yang membuka jurusan administrasi bisnis


1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

2. Universitas Sebelas Maret (UNS

3. Politeknik Negeri Medan

4. Politeknik Negeri Manado

5. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Perbedaan Jurusan Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis


1. Perbedaan ruang lingkup ilmu yang dipelajari


Pada dasarnya, perbedaan utama antara Jurusan Administrasi Bisnis dengan Manajemen Bisnis bisa dilihat dari ruang lingkup ilmu yang dipelajari. Singkatnya, Administrasi Bisnis merupakan spesialis (khusus), sedangkan Manajemen Bisnis merupakan generalisasi (umum).

2. Perbedaan tanggung jawab dalam dunia kerja


Di dunia kerja, perbedaan antara lulusan Jurusan Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis juga sangat terlihat signifikan lho. Lulusan Administrasi Bisnis akan memiliki tugas di satu bidang yang spesifik saja. Seperti bertanggung jawab atas administrasi akuntansi, administrasi IT, atau administrasi bangunan kantor.

Sementara itu, lulusan Manajemen Bisnis memiliki tanggung jawab di level yang lebih tinggi. Seperti bertanggung jawab atas pengembangan bisnis, kerja sama dengan perusahaan lain, dan lain-lain.

3. Perbedaan karier di masa depan

Saat sudah bekerja, biasanya orang yang mempelajari dan berpengalaman di bidang Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis akan memiliki jalur karier yang berbeda.

Misalnya, untuk lulusan Administrasi Bisnis akan lebih banyak yang terjun pada bidang profesi seperti analis finansial, admin benefit, analysis budget, atau manajer marketing.

Sedangkan, lulusan-lulusan dari Manajemen Bisnis memiliki karier yang lebih fokus pada analis manajemen, manajer sales, office manager, atau purchasing manager.

4. Perbedaan mata kuliah yang dipelajari


Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis memiliki perbedaan di sisi materi yang dipelajari selama berkuliah. Jurusan Administrasi Bisnis mempelajari mata kuliah yang sangat spesifik seperti Dasar-dasar Pemasaran Bisnis, Organisasi & Manajemen Bisnis, Perpajakan, Komunikasi Bisnis, Matematika Bisnis, Perencanaan dan Pengembangan Bisnis, serta Manajemen Keuangan Bisnis.

Adapun untuk Jurusan Manajemen Bisnis, mata kuliah yang dipelajari meliputi: Komunikasi Bisnis, Pengantar Akuntansi, Manajemen Perbankan, Manajemen Produk dan Merek, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, serta Manajemen Operasional.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0905 seconds (0.1#10.140)