Cegah Fresh Graduate Nganggur, Ini Tips Agar Lolos Program Magang Kampus Merdeka

Senin, 06 November 2023 - 10:40 WIB
loading...
Cegah Fresh Graduate Nganggur, Ini Tips Agar Lolos Program Magang Kampus Merdeka
Salah satu tips agar lolos program Magang Kampus Merdeka adalah dengan membuat curiculum vitae (CV) yang efektif. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Ini tips agar lolos program Magang Kampus Merdeka . Sulitnya mencari pekerjaan bagi lulusan perfguruan tinggi (fresh graduate) salah satunya bisa dihindari dengan meningkatkan kualitas seseorang sejak masih menjadi mahasiswa.

Salah satu caranya adalah dengan mengikuti program magang. Di antara sekian banyak kesempatan magang, program Magang Kampus Merdeka nampaknya merupakan salah satu pilihan paling menarik yang perlu kamu pertimbangkan. Artikel kali ini akan mengulas tips dan strategi untuk bisa lolos program Magang Kampus Merdeka, simak ya!

Apa Itu Magang Kampus Merdeka?


Kampus Merdeka adalah satuan program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdendikbudristek) yang bertujuan meningkatkan kesiapan berkarier pada mahasiswa.

Masih merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka menyediakan berbagai pilihan program di mana mahasiswa berkesempatan mendapat pengembangan ilmu dan keterampilan yang akan berguna saat mereka mulai memasuki dunia kerja nantinya.

Di antara berbagai program yang tersedia, salah satunya adalah program Magang Merdeka. Kurang lebih, program ini tidak jauh berbeda dengan internship pada umumnya. Mahasiswa akan mendapat pelatihan keterampilan praktis dan diajarkan caranya mengaplikasikan ilmu mereka di dalam praktik kerja sehari-hari. Durasi magang pun bervariasi antara 1-3 semester.

Keunggulan Program Magang Kampus Merdeka


1. Meminimalisir Risiko Eksploitasi


Salah satu kenyataan pahit yang tak bisa dipungkiri adalah adanya beberapa perusahaan yang mengeksploitasi program magang. Dalam praktik ini, mahasiswa magang diperah untuk bekerja melampaui tanggung jawabnya tanpa diberi hak atau imbalan yang sepadan. Hal itu umumnya terjadi pada program magang yang tidak menggunakan surat perjanjian resmi.

Di Magang Kampus Merdeka, mahasiswa cenderung jauh lebih aman dari resiko mengerikan ini karena adanya surat perjanjian. Praktik magang pun mendapat pengawasan dari pemerintah, sehingga perusahaan tidak bisa bersikap seenaknya.

2. Uang Saku


Sesuai peraturan pemerintah, program magang masih mewajibkan perusahaan untuk memberi uang saku kepada karyawan magang. Meski nilainya tidak sebesar gaji UMR, uang ini cukup untuk biaya makan, transportasi, dan keperluan operasional harian.

3. Perusahaan Partner Terbaik


Mahasiswa tak perlu repot mencari perusahaan yang membuka peluang magang. Semuanya sudah tersedia di portal Kampus Merdeka, lengkap dengan deskripsi programnya secara detail. Lebih dari itu, perusahaan yang masuk dalam program ini umumnya adalah perusahaan papan atas.


4. Program Efektif


Tak perlu takut terjebak pada program magang yang hanya membuatmu sibuk mengerjakan hal-hal receh tanpa mendapat ilmu ataupun keterampilan apapun.

Program magang dari partner pemerintah sudah dijamin akan memiliki proporsi tugas dan pendidikan yang berimbang dan penuh manfaat. Detail program bahkan dicantumkan di deskripsi lowongannya agar siapapun yang mau melamar bisa mempertimbangkannya terlebih dahulu.

5. Konversi SKS


Program magang yang berkualitas tentu akan memakan waktu dan harus dijalani dengan fokus. Kamu mungkin tidak akan sempat menjalani perkuliahan selama periode ini. Namun, semua itu tidak sia-sia. Magang yang kamu lakukan selama 6 bulan di Kampus Merdeka bisa dikonversi menjadi 20 SKS atau setara dengan satu semester kuliah.

Tips Agar Lolos Magang Kampus Merdeka


1. Tentukan Minatmu


Tujuan utama program magang ini adalah untuk menyiapkanmu pada dunia karier setelah lulus kuliah nanti. Oleh sebab itu, lowongan magang yang kamu lamar sebaiknya sesuai dengan jalan karier yang menjadi minatmu.

Memang, bukan masalah besar juga jika kamu masih belum yakin akan bidang apa yang kamu inginkan. Hanya saja, semakin awal kamu bisa menentukan arah kariermu, prosesnya akan semakin mudah dan efisien.

2. Buat CV Efektif


Kualitas CV akan sangat mempengaruhi langkah pertama menuju Magang Merdeka, yaitu seleksi administrasi. Hal ini mungkin terdengar sepele. Namun, faktanya banyak mahasiswa yang gagal hanya karena CV mereka tidak tepat sasaran.

Idealnya, CV harus ringkas, padat, namun sangat jelas dan rapi. Format CV harus sedap dipandang, namun pilihan desain dan warnanya juga tidak terlalu mencolok.

3. Aktif di Organisasi


Perusahaan lebih suka mahasiswa magang yang mempunyai pengalaman aktif dalam berorganisasi. Hal itu karena mahasiswa tersebut memahami konsep bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, berkomunikasi, dan berintegrasi.

Pengalaman organisasi juga menunjukkan bahwa mahasiswa tersebut mampu membagi waktunya dengan baik antara kegiatan kuliah dan di luar perkuliahan.

4. Pertajam Soft Skill


Pada dasarnya, magang memang kesempatan emas bagimu untuk mengembangkan soft skill. Hanya saja, akan sulit memperoleh kesempatan magang bila kamu tidak menguasai setidaknya skill berkomunikasi dan bekerja sama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1216 seconds (0.1#10.140)