Cegah Fresh Graduate Nganggur, Ini Tips Agar Lolos Program Magang Kampus Merdeka

Senin, 06 November 2023 - 10:40 WIB
loading...
A A A
Kedua skill ini bisa diasah di kampus, baik dengan melalui kegiatan perkuliahan maupun organisasi. Pekerjaan part-time atau freelance juga bisa memberimu peluang untuk mempelajari hal-hal tersebut.

5. Jangan Bergantung pada Satu Lamaran


Manajemen Kampus Merdeka tidak menentukan batasan mengenai seberapa banyak lowongan magang yang bisa dilamar oleh setiap mahasiswa.

Ini adalah kesempatan untukmu meningkatkan peluang dengan cara mengajukan lamaran ke beberapa perusahaan sekaligus.
Jika kamu gagal pada satu lowongan, kamu bisa mencoba peruntungan pada program magang di perusahaan lain.

6. Kenali Perusahaan


Sebanyak apapun perusahaan yang kamu lamar tidaklah masalah asalkan kamu mengerti betul perusahaan seperti apakah itu. Ini akan sangat bermanfaat saat kamu menjalani sesi wawancara nantinya.

Selain memahami liku bisnisnya, akan jauh lebih baik jika kamu juga mengetahui budaya perusahaannya. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa terjebak ke kultur perusahaan yang dirasa tidak cocok bagimu.

Cara Ikut Magang Merdeka


Magang Kampus Merdeka terbuka untuk semua mahasiswa S1 dari perguruan tinggi yang terdaftar di PDDikti. Namun, tiap lowongan program yang dibuka akan memiliki persyaratan yang lebih spesifik. Pendaftaran magang biasanya dibuka 2 bulan menjelang dimulainya semester baru.

Untuk memulainya, kamu perlu membuat akun terlebih dahulu di laman resmi Kampus Merdeka. Pastikan untuk melengkapi semua elemen dalam profilmu agar bisa meyakinkan perusahaan untuk meng-hire-mu. Selanjutnya, silakan cek ke laman Magang Merdeka untuk melihat lowongan apa saja yang tersedia.

Bacalah deskripsi programnya dengan seksama sebelum memutuskan untuk melamarnya. Selayaknya lowongan kerja pada umumnya, rekrutmen internship di sini juga akan melalui berbagai tahapan seperti seleksi administrasi, wawancara, dan psikotest. Setelah lolos semua tahapan, barulah kamu akan mendapatkan offering untuk mulai bekerja magang.
(wyn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1699 seconds (0.1#10.140)