Lulusan Sarjana Pendidikan Jadi Apa? Intip 5 Prospek Karier Penyandang Gelar S.Pd.

Senin, 06 November 2023 - 13:15 WIB
loading...
Lulusan Sarjana Pendidikan Jadi Apa? Intip 5 Prospek Karier Penyandang Gelar S.Pd.
Salah satu prospek kerja lulusan sarjana pendidikan selain guru adalah profesi sebagai konselor pendidikan yang bisa memberi rekomendasi soal minat dan bakat seseorang.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini prospek karier penyandang gelar sarjana pendidikan (S.Pd) . Lulusan sarjana pendidikan biasanya identik dengan pekerjaan atau profesi sebagai guru. Sebagian orang beranggapan bahwa lulusan sarjana pendidikan hanya bisa menjadi seorang guru.

Benarkah demikian? Padahal, masa depan lulusan sarjana pendidikan tidak hanya berhenti menjadi seorang guru saja. Saat ini, ada banyak peluang pekerjaan yang bisa diambil oleh masyarakat yang kini sudah menyandang gelar sarjana pendidikan atau S.Pd. Untuk lebih jelasnya artikel kali ini akan membahas sejumlah prospek karier sarjana pendidikan atau penyandang gelar S.P.d, simak ya!

Prospek Kerja Lulusan Sarjana Pendidikan di Indonesia


1. Dosen


Dosen adalah tenaga pendidik profesional yang bekerja di perguruan tinggi dan disebut juga sebagai ilmuwan karena ilmu yang dimilikinya. Tugas utama seorang dosen adalah mengembangkan serta menyebarkan ilmu pengetahuan melalui tri dharma pendidikan tinggi.

Tidak hanya itu, dosen juga diharapkan untuk terus melakukan penelitian di bidang keahliannya dan memberikan bimbingan kepada mahasiswa.

2. Content Creator


Saat ini posisi content creator tidak hanya diisi oleh para lulusan bidang kreatif saja. Banyak sekali tenaga pendidik yang juga mulai memanfaatkan media sosial untuk membuat konten video pembelajaran sekolah yang interaktif.



Video pembelajaran yang dibuat pun bisa menjadi sarana menyalurkan ilmu yang didapatkan dari bangku perguruan tinggi. Sehingga konten yang dibuat pun bermanfaat bagi masyarakat.

3. Relawan Pendidikan


Lulusan sarjana pendidikan yang senang dengan aktivitas sosial dan berjiwa petualang bisa menjadi relawan pendidikan di daerah terpencil. Saat ini terdapat program yang bisa diikuti seperti Indonesia Mengajar dan SM3T.

4. Konselor Pendidikan


Menentukan jenjang dan jenis sekolah sesuai minat dan bakat bukanlah hal yang mudah karena setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Maka dari itu, dibutuhkan seorang konselor pendidikan yang paham dengan karakter, minat, dan bakat anak.

5. Radio Announcer


Lulusan sarjana pendidikan bisa menjadi radio announcer yang membawakan acara atau program yang edukatif. Tentu para penyandang gelar S.Pd juga memiliki peluang besar untuk mencerdaskan pendengar dengan ilmu yang disampaikan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2482 seconds (0.1#10.140)