Kisaran Gaji dan Prospek Kerja yang Menjanjikan Bagi Lulusan Teknik Sipil

Senin, 06 November 2023 - 13:47 WIB
loading...
Kisaran Gaji dan Prospek Kerja yang Menjanjikan Bagi Lulusan Teknik Sipil
urusan Teknik Sipil adalah salah satu bidang studi yang banyak diminati calon mahasiswa. Foto/Eduspiral.
A A A
JAKARTA - Jurusan Teknik Sipil adalah salah satu bidang studi yang banyak diminati calon mahasiswa. Prospek karier yang luas jurusan Teknik Sipil dengan potensi gaji yang tinggi menjadi salah satu alasannya.

Jurusan teknik disebut sebagai salah satu jurusan yang susah masuknya dan susah juga lulusnya. Meski demikian tetap banyak calon mahasiswa yang mengincar jurusan teknik, salah satunya Teknik Sipil.

Jurusan Teknik Sipil pun banyak tersebar di perguruan tinggi negeri dan swasta. Sejumlah kampus dengan jurusan Teknik Sipil yang terakreditasi Unggul dari BAN PT seperti Untar, USK, UGM, Unsoed, Unand, Universitas Kristen Petra, Universitas Brawijaya, Universitas Tadulako, Universitas Teknologi Yogyakarta, dan Universitas Internasional Batam.

Lalu apa saja prospek kerja yang menjanjikan bagi seorang lulusan teknik Sipil? Lulusan Teknik Sipil memilihi banyak pilihan karier yang bisa diambil sesuai dengan keahlian, minat, dan juga spesialiasi masing-masing.

Baca juga: Mengenal 3 Jurusan Kuliah di Poltek Nuklir dan Prospek Kerjanya

Sedangkan mengenai gaji, perlu diketahui jika gaji dapat bervariasi tergantung pada pengalaman kerja, tingkat pendidikan lanjutan, lokasi geografis, kemampuan dan keahlian, hingga ukuran dan reputasi perusahaan tempat bekerja.

Dikutip dari laman Kita Lulus berikut ini 12 prospek kerja dengan kisaran gaji untuk lulusan Teknik Sipil.

Kisaran Gaji dan Peluang Kerja Jurusan Teknik Sipil

1. Structural Engineer


Salah satu prospek kerja teknik sipil ini bertugas untuk merancang dan membangun berbagai bentuk bangunan.Struktur bangunan yang kokoh dan aman untuk ditempati menjadi tanggung jawab seorang structural engineer. Rata-rata gaji posisi ini adalah Rp6.000.000 hingga Rp10.000.000. Pendapatan bisa diupgrade sampai 10 kali lipat jika kalian memiliki koneksi yang baik dan pengalaman terpercaya.

2. System Analyst

Rentang gaji seorang system analyst cukup tinggi yaitu antara Rp5.000.000–Rp11.000.000. Gaji ini setara dengan tanggung jawab yang harus dikerjakan, salah satunya adalah melakukan analisis biaya pembangunan sistem dalam sebuah pembangunan sehingga biaya lebih efektif dan efisien.

3. Water Engineer

Mata pelajaran perairan yang kalian pelajarai saat kuliah Teknik Sipil bisa membawamu menjadi profesional bidang keairan. Seperti namanya, tugas water engineer berupa perbaikan, maintenance, hingga mengontrol sumber air pada sebuah situs, seperti waduk. Kalian bisa mendapatkan gaji Rp7.000.000 hingga Rp14.000.000 per bulannya.
.

4. Geotechnical Engineer


Seorang geotechnical engineer akan bertugas untuk melakukan penelitian daerah, investigasi situs pembangunan, hingga melakukan pelaporan pembangunan.

Baca juga: Ini Beda Jurusan Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis yang Perlu Diketahui, Jangan Gagal Paham

Prospek kerja teknik sipil selanjutnya adalah geotechnical engineer yang gaji yang bisa kalian dapatkan perbulan sekitar Rp4.000.000–Rp10.000.000. Rentang nominal tersebut bisa lebih tinggi lagi sesuai pengalaman dan kemampuan yang kamu miliki.

5. Surveyor Tanah


Surveyor tanah menjadi prospek kerja jurusan teknik sipil selanjutnya. Tidak sembarangan orang bisa menjadi surveyor tanah. Kamu bahkan harus memiliki sertifikat, seperti Sertifikasi Ahli Informasi Geospasial dan Sertifikasi Ahli Pemetaan. Rentang gaji surveyor tanah adalah Rp5.000.000 hingga Rp8.000.000.

6. Konsultan Properti

Konsultan Properti
Untuk menjadi konsultan properti, lulusan teknik sipil harus memiliki beberapa sertifikat, seperti Broker Properti (BP), Manajemen Broker Properti (MBP), dan Manajemen Properti dan Investasi (MPI).

Gaji yang bisa kamu dapatkan di posisi ini sekitar Rp4.500.000 hingga Rp8.000.000.

7. Bagian Perencanaan dan Pengembangan Real Estate


Profesi Bagian Perencanaan dan Pengembangan Real Estate sangat cocok untuk jurusan teknik sipil karena tanggung jawabnya sangat berelasi dengan apa yang dipelajari saat kuliah.

Gaji yang bisa kamu dapatkan dari karier ini adalah sekitar Rp3.000.000 hingga Rp5.000.000. Nominal akan tergantung pada perusahaan dan kota di mana perusahaan tersebut berada karena menyesuaikan upah minimum tiap wilayah

8. Sales Perusahaan Konstruksi


Pengetahuan yang harus kamu miliki untuk menjadi sales perusahaan konstruksi di antaranya Strategic thinking, Research & observing, Analytical thinking, Kemampuan negosiasi yang baik, dan Kemampuan komunikasi yang andal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)