Mau Jadi Ahli Tata Kota? 11 Universitas Ini Buka Jurusan Perencanaan Wilayah dan Perkotaan

Selasa, 07 November 2023 - 14:28 WIB
loading...
Mau Jadi Ahli Tata Kota? 11 Universitas Ini Buka Jurusan Perencanaan Wilayah dan Perkotaan
Mau jadi ahli tata kota? Untuk memperdalam ilmu tersebut, setidaknya ada 11 universitas di Indonesia yang membuka jurusan perencanaan wilayah dan kota, di antaranya ITB dan UGM. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 11 universitas di Indonesia yang membuka jurusan perencanaan wilayah dan perkotaan di Indonesia. Pernah bercita-cita menjadi seorang perencana di suatu wilayah? Misalnya membuat inovasi di sebuah kota atau menjadikan kota-kota di luar negeri sebagai referensi untuk membangun wilayah sendiri.

Ketertarikanmu di bidang penataan wilayah kota bisa menjadi motivasi untuk masuk universitas PWK atau Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota. Saat ini sudah banyak perguruan tinggi yang membuka Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota.

Artikel kali ini secara khusus akan membahas daftar universitas yang memiliki jurusan perencanaan wilayah dan kota terbaik di Indonesia, kampus mana saja? Simak ulasan berikut ya!

11 Universitas yang Membuka Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota


1. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Jurusan ini terdapat di bawah Departemen Teknik Arsitektur dan Perencanaan. Selama berkuliah, kamu akan belajar tentang kondisi spasial serta perencanaannya untuk kepentingan di masa depan. Terdapat 130 mata kuliah wajib dan 7 mata kuliah pilihan yang dapat kamu pilih. Setelah lulus, gelar yang akan diperoleh mahasiswa pada program S1 adalah S.PWK.
Peluang karier lulusan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) UGM terbuka luas.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)


Jika kamu ingin mengambil Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota di Institut Teknologi Bandung, kamu bisa masuk ke Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK).

Jurusan ini berkaitan erat dengan jurusan lainnya, mulai dari bidang teknik maupun sosial ekonomi. Kamu akan mendapatkan materi kuliah tentang geologi lingkungan, hingga ilmu sosial dan politik.

Di ITB, jurusan ini didukung oleh empat kelompok keahlian: Perencanaan Wilayah dan Perdesaan, Perencanaan dan Perancangan Kota, Sistem Infrastruktur Wilayah dan Kota, serta Pengelolaan Pembangunan dan Pengembangan Kebijakan.

ITB juga menawarkan peluang studi lanjut di jenjang Magister Perencanaan Wilayah dan Kota serta Doktor Perencanaan Wilayah dan Kota.

3. Universitas Diponegoro (Undip)


Universitas Diponegoro (Undip) memiliki Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) sejak tahun 1992. Peminat jurusan PWK di Undip cukup banyak, apalagi jurusan ini sudah menyandang akreditasi A dan menghasilkan lulusan yang berkarier di berbagai bidang.

Diperlukan waktu kurang lebih 4,5 tahun untuk bisa lulus dari Jurusan PWK UNDIP. Setelah menyelesaikan jenjang sarjana, kamu juga bisa meneruskan studi di jurusan yang sama pada Program Magister.

4. Universitas Sebelas Maret (UNS)


Kamu bisa menemukan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota di Universitas Sebelas Maret (UNS) di Fakultas Teknik. Tahun 2020 jurusan ini sudah mendapatkan akreditasi A.

Mahasiswa yang mengambil program sarjana akan menempuh studi selama kurang lebih 8 semester. Lulusan jurusan PWK UNS bisa berkarir di instansi pemerintahan atau sektor swasta, hingga berkarya di LSM.

5. Universitas Pasundan


Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota bisa kamu dapatkan di Universitas Pasundan yang berlokasi di Bandung. Keuntungan menempuh studi di Universitas Pasundan adalah adanya kerja sama yang dijalin dengan puluhan perusahaan ternama yang akan menunjang karier para lulusannya.



Universitas Pasundan juga memiliki kerja sama dengan negara Cina, Korea, serta Australia.Setelah lulus dari kampus ini, kamu bisa menjadi seorang ahli perencanaan wilayah dan kota, ahli pembuatan peta wilayah, bahkan arsitek. Adanya mata kuliah yang ditawarkan selain mata kuliah wajib pun dapat membuatmu mengetahui passion hingga prospek karier impian.

6.Universitas Islam Bandung (Unisba)


Universitas Islam Bandung (Unisba) memiliki Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota. Terdapat hal yang membedakan jurusan ini dengan kampus-kampus lainnya. Sebab, letak dan lokasi yang dipelajari ketika akan mengembangkan suatu wilayah juga melihat perspektif dari nilai Agama Islam dan kekhasan budaya Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)