Kobarkan Semangatmu, Ini 7 Contoh Teks Pidato Singkat Hari Pahlawan

Rabu, 08 November 2023 - 06:12 WIB
loading...
Kobarkan Semangatmu, Ini 7 Contoh Teks Pidato Singkat Hari Pahlawan
Hari Pahlawan biasanya diperingati dengan berbagai macam acara, seperti lomba membaca pidato. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Hari Pahlawan merupakan peringatan penting dalam sejarah bangsa Indonesia yang diadakan setiap 10 November. Perayaan Hari Pahlawan ini diperingati untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa Indonesia yang telah berjuang dan berkorban untuk kemerdekaan Indonesia.

Tujuan utama diperingatinya Hari Pahlawan adalah untuk memberikan rasa hormat serta penghargaan kepada para pahlawan banga Indonesia yang telah berjuang dalam perang demi mencapai kemerdekaan Indonesia. Selain itu, dengan diperingatinya Hari Pahlawan juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya menghargai para pahlawan serta memahami sejarah bangsa.

Hari Pahlawan biasanya diperingati dengan berbagai macam acara, seperti upacara bendera dan lomba membuat puisi hingga membaca teks pidato Hari Pahlawan.

Untuk mengetahui berbagai contoh pidato Hari Pahlawan, simak 7 contoh pidato Hari Pahlawan.


1. Hari Pahlawan, Momen Mengenang Jasa Para Pahlawan Bangsa


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat pagi, Salam sejahtera bagi kita semuanya, Om swastiastu, Namo buddhaya, Salam kebajikan.

Yang saya hormati, Bapak Kepala Sekolah Yang saya hormati, Bapak dan Ibu guru Juga kepada teman-teman yang saya banggakan. Puji dan syukur mari kita haturkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya, kita bisa berkumpul di tempat ini.

Hadirin yang saya hormati, Pada kesempatan hari ini, izinkan saya menyampaikan pidato tentang pahlawan. Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia.

Hari Pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya.

Peristiwa tersebut memperlihatkan betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya, dan berbagai bentuk partikularisme golongan bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: 6 Contoh Puisi Hari Pahlawan yang Menyentuh Hati

Tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan membuat kita semua bisa menikmati hidup di Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain. Bung Karno juga pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia.

Hadirin yang berbahagia, Untuk mengenang jasa mereka, marilah kita panjatkan doa semoga para pahlawan mendapat tempat terbaik di sisi-Nya. Demikian pidato singkat tentang pahlawan. Semoga kita semua bisa meneruskan perjuangan mereka untuk diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, hingga pahlawan bagi masyarakat. Terima kasih atas perhatiannya. Mohon maaf apabila ada salah kata. Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

2. Semangat Perjuangan untuk Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan

Assalamu'alaikum Warahmatullah Salam sehat, dan salam sejahtera bagi kita semua. Yang terhormat, Bapak/Ibu Pimpinan/Ketua Yang terhormat, Bapak/Ibu Tamu Undangan

Pertama dan di atas segalanya marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan nikmat tiada putus kepada kita semua.
Shalawat dan salam mari kita sampaikan kepada Nabiyullah Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita bakal mendapat pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2049 seconds (0.1#10.140)