10 Prospek Kerja Lulusan Jurusan Teknik Elektro yang Menjanjikan, Banyak Dibutuhkan Perusahaan

Rabu, 08 November 2023 - 11:27 WIB
loading...
10 Prospek Kerja Lulusan Jurusan Teknik Elektro yang Menjanjikan, Banyak Dibutuhkan Perusahaan
Prospek kerja lulusan jurusan Teknik Elektro cukup menjanjikan. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Prospek kerja lulusan jurusan Teknik Elektro cukup menjanjikan. Banyak pekerjaan yang membutuhkan lulusan Teknik Elektro dalam perusahaan.

Teknik Elektro berkaitan dengan pengembangan, perancangan, produksi, dan pemeliharaan peralatan listrik, elektronik, dan komunikasi. Dengan kemajuan teknologi yang pesat, lulusan jurusan Teknik Elektro memiliki prospek pekerjaan yang cerah dan peluang karier yang luas.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Teknik Elektro


1. Perusahaan Industri Elektronik dan Manufaktur


Industri elektronik dan manufaktur adalah salah satu sektor yang paling relevan untuk lulusan Teknik Elektro. Para lulusan Teknik elektro dapat bekerja dalam perusahaan-perusahaan yang memproduksi perangkat elektronik, komponen elektronik, dan peralatan listrik.



Peran mereka meliputi perancangan, pengembangan, perakitan, dan pemeliharaan peralatan elektronik. Selain itu, lulusan Teknik Elektro juga dapat bekerja di industri manufaktur yang membutuhkan sistem otomatisasi dan kendali proses.

Mereka bertanggung jawab untuk merancang sistem kontrol yang efisien dan andal untuk memaksimalkan produksi.

2. Electrical Design Engineer


Seorang profesional desain listrik memiliki kesempatan untuk bekerja dalam berbagai industri, seperti kedirgantaraan, arsitektur, energi, dan sektor-sektor lainnya. Profesi ini memiliki kesamaan dengan insinyur-insinyur lainnya, tetapi lebih menekankan pada pengembangan sistem kelistrikan.

Selain itu, seorang insinyur desain listrik juga dapat memberikan layanan pemeliharaan atau instalasi untuk sistem kelistrikan yang ada. Rata-rata pendapatan yang diterima oleh seorang insinyur desain listrik cukup fantastis, tergantung pada bidang kerja dan perusahaan tempat mereka bekerja.

3. Industri Pertambangan


Lulusan Teknik Elektro juga diperlukan dalam industri pertambangan. Di industri pertambangan ada banyak sistem kelistrikan dan permesinan yang sangat membutuhkan tenaga lulusan Teknik Elektro.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2770 seconds (0.1#10.140)