Mengenal 6 Pahlawan Wanita Indonesia yang Berperan dalam Perjuangan Kemerdekaan Bangsa

Rabu, 08 November 2023 - 13:30 WIB
loading...
A A A
Baca juga: 6 Contoh Puisi Hari Pahlawan yang Menyentuh Hati

Hari Pendidikan Nasional di Indonesia, yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 2 Mei, dipilih untuk mengenang Dewi Sartika dan jasanya dalam memajukan pendidikan.

5. Nyi Ageng Serang


Nyi Ageng Serang adalah salah seorang pejuang Jawa yang berperan dalam perlawanan rakyat melawan penjajah Belanda selama Perang Diponegoro. Ia terkenal dengan semangatnya dalam memimpin pasukan melawan penjajah.
Mengenal 6 Pahlawan Wanita Indonesia yang Berperan dalam Perjuangan Kemerdekaan Bangsa

Nyi Ageng Serang. Foto/Laman Dinas Kebudayaan DIY.

Nyi Ageng Serang dihormati sebagai salah satu pahlawan nasional Indonesia yang berperan dalam perlawanan melawan penjajah Belanda dan memainkan peran penting dalam menjaga semangat perlawanan rakyat Jawa.

6. Cut Meutia


Cut Meutia adalah salah satu pahlawan wanita Indonesia yang berperan penting dalam perjuangan kemerdekaan. Ia lahir pada tahun 1870 di Aceh, yang pada saat itu masih di bawah penjajahan Belanda. Cut Meutia dikenal karena peran dan keberaniannya dalam perlawanan terhadap penjajah Belanda.
Mengenal 6 Pahlawan Wanita Indonesia yang Berperan dalam Perjuangan Kemerdekaan Bangsa

Cut Meutia. Foto/Laman Perpusnas.

Cut Meutia dan pasukannya terlibat dalam pertempuran sengit melawan pasukan Belanda di daerah Gle Tarum. Sayangnya, pertempuran yang terjadi pada 3 November 1910 ini membuat Cut Meutia gugur sebagai pahlawan. Ia meninggalkan warisan yang penting dalam sejarah perjuangan Aceh dan Indonesia.

Demikian tadi 6 pahlawan wanita Indonesia yang atas jasa, pengorbanan, dan kepahlawannya berperan penting bagi bangsa. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

MG/Vina Karlameta Suhandi
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)