10 Sekolah Pariwisata Favorit dan Terpopuler di Indonesia, Lulusannya Terjamin

Kamis, 09 November 2023 - 11:21 WIB
loading...
10 Sekolah Pariwisata Favorit dan Terpopuler di Indonesia, Lulusannya Terjamin
Bagi kamu yang ingin berkarier di industri pariwisata, setidaknya ada 10 sekolah pariwisata terbaik di Indonesia, salah satunya Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 10 sekolah pariwisata favorit dan terpopuler di Indonesia. Sektor pariwisata Indonesia memiliki banyak potensi melimpah untuk menarik animo turis lokal maupun internasional.

Besarnya peluang wisata di Indonesia menjadikan banyak orang ingin mendalami dunia pariwisata karena sektor ini cukup dinamis dan memiliki masa depan prospektif. Artikel kali ini akan membahas setidaknya ada 10 sekolah pariwisata terbaik di Indonesia, simak pemaparan berikut ya!

10 Sekolah Pariwisata Favorit dan Terpopuler di Indonesia


1. Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti


Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti merupakan salah satu rekomendasi sekolah swasta pariwisata terbaik di Indonesia.
Bagi lulusan SMA sederajat yang ingin fokus berkarier di sektor pariwisata, di sini lah solusinya.STP Trisakti memiliki 6 jurusan yang bisa kamu pilih mulai dari jenjang yakni S2 Pariwisata, S1 Perhotelan dan Pariwisata, D4 Perhotelan, D4 Bisnis Perjalanan, D3 Perhotelan dan D1 Perhotelan.

2. Institut Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta / STIPRAM Yogyakarta


Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo dikenal dengan STIPRAM Yogyakarta. Sekolah ini memiliki 4 program studi yang bisa kamu pilih mulai dari D3 hingga S3 yang di antaranya adalah D3 Perhotelan, S1 Pariwisata, Magister Pariwisata dan Doktor Pariwisata.
Sebagian besar lulusan dapat langsung bekerja di beberapa hotel ternama di Yogyakarta, seperti Hotel Ambarrukmo dan beberapa hotel atau perusahaan pariwisata lainnya.

3. Sekolah Tinggi Pariwisata Caturtunggal AMPTA


Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Caturtunggal yang terletak di Jalan Laksda Adisucipto Km.6, Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta.
AMPTA merupakan singkatan dari Akademi Pariwisata Keraton Ambarukmo karena kampus tersebut masih satu kawasan dengan Hotel Istana Ambarukmo saat itu. Sekolah ini merupakan sekolah pariwisata tertua yang ada di Yogyakarta.


Di sekolah ini terdapat empat jurusan yang bisa dipilih yaitu Hospitality, Travel Business, Tourism dan Hospitality Management.
Rata-rata lulusan bisa langsung bekerja di beberapa lokasi ternama, termasuk beberapa hotel di dekat Malioboro.

4.Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung


Di STP Bandung ini terdapat 10 Program Studi D3, D4 & Pascasarjana. Dengan 3 prodi kepariwisataan dan 6 prodi perhotelan.
STPB ini jua berada pada bawah naungan dari Kementrian Pariwisata. Statusnya pun telah sekolah tinggi negeri waktu berganti nama sesudah sebelumnya bernama Akademi NHI Bandung.

Kampus yang terhubung langsung dengan NHI (National Hotel Institute) menjadikan lulusannya bisa bekerja pada hotel populer Bandung tersebut. Alamat kampus STP terletak pada Jl. Dr. Setiabudi No.186, Hegarmanah, Cidadap, Kota Bandung.

5. Politeknik Pariwisata Makassar


Perguruan tinggi ini merupakan sekolah menengah atas resmi yang berada di bawah naungan langsung Kementerian Pariwisata.
Sebelum berganti nama, perguruan tinggi ini sebelumnya bernama AKPAR (Akademi Pariwisata) Makassar dan menjadi satu-satunya perguruan tinggi pariwisata yang dikelola pemerintah dan terakreditasi.

Politeknik Pariwisata Makassar memiliki 3 jurusan yaitu Perhotelan, Jurusan Perjalanan dan Pariwisata. Sebagai sekolah yang berada di bawah naungan langsung kementerian, peluang kerja lulusan sekolah ini tentunya terbuka luas.

6. Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram


Sekolah ini merupakan sekolah pariwisata pertama yg terdapat pada Nusa Tenggara Barat. Terdapat dua program studi yang bisa dipilih pada STP Mataram ini, yakni D3 Perjalanan Wisata & D3 Perhotelan. Sekolah tinggi partikelir ini berada pada pengelolaan Yayasan Kertya Wisata Mataram yg berada pada naungan Kementrian Pariwisata.

7.Politeknik Pariwisata Lombok


Poltekpar atau Politeknik Pariwisata Lombok merupakan salah satu Sekolah Tinggi Pariwisata terbaik yang ada di Lombok. Sekolah
tinggi negeri ini menyediakan program studi pada bidang traveling & pariwisata.

Politeknik ini terletak di Jl. Raden Puguh No.1, Puyung, Jonggat, Kab. Lombok Tengah, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Terdapat empat program studi pada Poltekpar yakni Usaha Perjalanan Wisata, Seni Kuliner, Tata Hidang & Divisi Kamar. Lulusan politeknik ini dapat memulai bisnis pariwisata sendiri misalnya rental bus pariwisata baik pada Lombok juga wilayah wisata lainnya.

8. Politeknik Pariwisata Palembang


Politeknik Pariwisata Palembang merupakan salah satu sekolah pariwisata terbaik yag memiliki pendidikan vokasi pada bidang kepariwisataan. Perguruan tinggi ini berada di bawah naungan Kementrian Pariwisata juga.

Di sini terdapat empat program studi yang bisa dipilih yakni D3 Seni Kuliner, D3 Divisi Kamar, D3 Tata Hidang & Pengelola Konvensi & D2 Acara. Dengan melanjutkan pendidikan di kampus ini, kamu memiliki peluang untuk pulang magang bahkan bekerja ke luar negeri, dikarenakan sistem pendidikan di sini mengadopsi kurikulum pendidikan berstandar ASEAN.

9. Politeknik Pariwisata Medan


Poltekpar atau Politeknik Pariwisata Medan adalah sekolah pariwisata yang dikelola langsung oleh Baparekraf/Kemenparekraf
Sehingga membuatnya sebagai sekolah vokasi pariwisata yang memiliki status negeri pertama di Sumatera. Ada dua program studi di Poltekpar Medan ini, antara lain Jurusan Kepariwisataan & Hospitality.

Program studi Kepariwisataan pada Poltekpar Medan terdiri memuat pembelajaran hingga praktik tentang Manajemen Usaha Perjalanan, Destinasi Pariwisata, Pemasaran Pariwisata & Manajemen Perencanaan.
Sedangkan jurusan Hospitality terdiri berdasarkan Manajemen Tata Boga, Manajemen Patiseri, Manajemen Tata Hidang & Divisi Kamar.

10. Politeknik Pariwisata Bali


Politeknik Pariwisata Bali merupakan Sekolah Tinggi Pariwisata terbaik lainnya yang terdapat pada Bali yang terkenal sebagai destinasi favorit turis internasional. Politeknik ini didirikan tahun 1978 dan berada di i bawah naungan Menparekraf .

Ada beberapa pilihan program studi yg ditawarkan di Poltekpar Bali, antara lain Manajemen Kepariwisataan, Administrasi Perhotelan, Manajemen Akuntansi Hospitality, Manajemen Divisi Kamar, Tata Hidangan, Tata Boga, Bisnis Perjalanan, Konvensi & Perhelatan.

10. Universitas Udayana Bali


Universitas Udayana Bali atau sering disingkat UNUD merupakan salah satu perguruan tinggi yang ada di Pulau Bali. Ada dua program studi bidang pariwisata yang bisa dipilih di UNUD, yakni D4 Manajemen Perhotelan dan S1 Pariwisata. Fakultas Pariwisata Unud Bali beralamat di Jl. Dr.R.Goris No 7, Denpasar-Bali dekat dengan beberapa tempat wisata terkenal di Bali.
Lulusan dari kampus ini biasanya langsung mendapatkan kesempatan kerja di beberapa hotel dan resort ternama di Bali.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1695 seconds (0.1#10.140)