10 Cara Belajar Bahasa Mandarin yang Paling Mudah dan Praktis

Kamis, 09 November 2023 - 15:09 WIB
loading...
10 Cara Belajar Bahasa Mandarin yang Paling Mudah dan Praktis
Kini mulai banyak sekolah yang mewajibkan para siswa-siswinya untuk belajar bahasa Mandarin karena ada beragam manfaat. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Selain bahasa Inggris, kini mulai banyak sekolah yang mewajibkan para siswa-siswinya untuk belajar bahasa Mandarin .

Belajar bahasa Mandarin memiliki banyak manfaat baik dalam kehidupan sehari-hari maupun di dunia kerja profesional. Hal ini dikarenakan, negara Tiongkok adalah negara yang ekonominya berkembang dengan sangat pesat dan menjadi banyak tujuan orang untuk melakukan bisnis.

Negara ini memiliki budaya yang sangat kaya serta unik, banyak sekali sejarah dan budaya yang indah yang bisa dipelajari. Jika berhasil menguasai bahasa Mandarin, tentunya hal ini memiliki keuntungan sendiri bagi Anda.

Cara Mudah Belajar Bahasa Mandarin

1. Mengenal Pinyin


Menurut harfiah, pinyin berarti ejaan bunyi atau penulisan romawi untuk cara baca huruf mandarin. Pinyin telah berkembang mulai dari tahun 1950. Kemudian, akhirnya dibuat bentuk secara resmi untuk penggunaan internasional tahun 1982. Republik Rakyat Tiongkok pun telah menyetujui pemakaian pinyin di tahun 1985 setelah melewati banyak proses revisi.

Sistem pinyin memiliki rumus pada setiap suku kata Mandarin dan dapat dieja dengan tepat mulai dari satu inisial diikuti dengan satu akhiran. Ada juga empat nada dasar dalam bahasa Mandarin yang membantu memperjelas makna dalam kata-kata.

2. Pahami Tones


Bahasa Mandarin memiliki empat nada yang berbeda, dan nada yang salah dapat mengubah arti kata. Fokus pada pengucapan yang benar dan pelajari cara menggunakan nada dengan baik menjadi langkah penting untuk mahir belajar bahasa mandarin.

3. Hafalkan Kosakata Sederhana


Setelah memahami pinyin dan juga tones, Anda bisa mulai menghafalkan kosakata sederhana. Proses belajar akan menjadi lebih mudah bila Anda memulai dengan kata-kata sehari-hari, seperti nasi, tidur, makan, dan lain sebagainya.

Anda dapat membuat catatan sederhana tentang setiap kata-kata baru yang dipelajari setiap harinya. Usahakan untuk langsung mencari dan menghafalkan kata-kata yang Anda jumpai dalam keseharian.

4. Pelajari Cara Berhitung


Untungnya, sistem angka di bahasa Mandarin mudah dan logis, dan jika Anda sudah mempelajari 10 angka pertama, Anda akan bisa menghitung sampai 99. Untuk permulaannya, Anda bisa memulai dengan angka satu hingga sepuluh, kemudian lanjutkan ke angka berikutnya.

Menghafalkan angka relatif lebih mudah dibanding kosa kata lainnya. Karena, saat Anda telah hafal satu hingga sepuluh, maka hitungan lain relatif sama dan hanya berubah akhirnya saja.

5. Berlatih Menulis Huruf Mandarin


Terdapat lebih dari 50 ribu huruf mandarin yang kebanyakan memang sudah tidak digunakan kembali. Bagi kalangan orang terpelajar, umumnya menguasai sekitar 8000 huruf. Sementara itu, bagi orang dewasa umumnya menghafalkan 2000 karakter telah cukup.

Selain menghafalkan bentuk dan cara baca, Anda juga perlu mempelajari penulisannya. Bahkan cara menulis bahasa mandarin ini sendiri pun diatur. Jadi, Anda tidak boleh sembarangan menggoreskan pena. Terdapat urutan dari bawah ke atas, dari kanan ke kiri, dan lainnya yang harus dipatuhi agar bentuk huruf sempurna.

6. Pelajari Tata Bahasa


Setelah mempelajari dasar-dasar bahasa Mandarin dan menguasainya, sekarang Anda bisa meningkatkan level kesulitan belajar dengan memahami konsep struktur kalimat dalam bahasa Mandarin.

Secara umum, struktur kalimat yang terdapat dalam bahasa Mandarin terbilang simpel. Hanya terdiri dari subjek, objek, predikat, dan kata keterangan di depan maupun tengah kalimat sesuai dengan kebutuhan.
Meskipun sulit, ketika Anda berhasil menguasai struktur kalimat, maka kemampuan berbicara bahasa Mandarin akan otomatis menjadi semakin lancar.

7. Dengarkan Podcast Berbahasa Mandarin


Melansir UK Essay, mendengar audio merupakan salah satu hal yang terpenting ketika Anda mulai belajar bahasa asing. Tanpa membiasakan diri untuk mendengar audio, maka Anda tidak akan pernah belajar untuk dapat berkomunikasi dengan baik.

Hal itu juga berguna ketika Anda ingin mencoba untuk belajar bahasa Mandarin. Terlebih lagi, bahasa Mandarin memiliki cara bicara yang cukup rumit sehingga Anda perlu memerhatikan bagaimana native speaker mengucapkan kata atau suatu kalimat.

8. Download Aplikasi Belajar Bahasa


Saat ini, telah banyak bermunculan aplikasi belajar bahasa yang memungkinkan Anda untuk bertemu dengan para native speaker. Unduhlah beberapa aplikasi, lakukan perkenalan dengan orang-orang Mandarin. Mereka akan dengan senang hati membantu Anda.

9. Bergabung dengan Komunitas


Anda dapat menemukan komunitas pembelajaran bahasa Mandarin online atau offline di sekitar. Berinteraksi dengan penutur asli atau sesama pembelajar bahasa Mandarin dapat sangat membantu Anda dalam langkah awal mahir belajar bahasa tersebut.

10. Kursus


Meski bahasa Mandarin dapat dipelajari secara otodidak, namun program belajar Anda akan lebih cepat dengan mengikuti kursus. Tidak hanya memiliki guru yang selalu siap mengajari, Anda juga dapat belajar secara langsung dari para native speaker.

Dengan mengikuti kursus, Anda pun dapat bertemu dengan sesama pembelajar bahasa Mandarin. Di situ, Anda dapat banyak berlatih bertukar pikiran, saling membantu menghafalkan, dan mungkin juga memperoleh kiat agar lebih jago dalam waktu singkat.

Kebetulan, AladinMall punya beragam voucher belajar bahasa Mandarin di Cakap dengan harga spesial sekaligus gratis ongkir tanpa batas! Cocok banget buat Anda yang ingin segera mahir bahasa Mandarin namun nggak mau bikin kantong jebol.

Makanya, download aplikasi AladinMall sekarang juga di Google Play dan App Store buat belanja sebelum kehabisan karena promonya terbatas!
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2647 seconds (0.1#10.140)