Hadapi Bonus Demografi, Polimedia Gencarkan Konektivitas dengan Dunia Industri

Kamis, 09 November 2023 - 21:31 WIB
loading...
Hadapi Bonus Demografi, Polimedia Gencarkan Konektivitas dengan Dunia Industri
Direktur Polimedia, Tipri Rose Kartika menegaskan kampusnya siap menggencarkan konektivitas dengan dunia industri untuk menghadapi bonus demografi 2045. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Tahun 2045 Indonesia akan menyambut bonus demografi yang dapat memberikan peluang ekonomi bagi Indonesia meningkat. Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi terbaik di Indonesia diharapkan mampu mencetak lulusan berintegritas dan berintelektual untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

Direktur Polimedia, Tipri Rose Kartika mengatakan Polimedia sebagai perguruan tinggi vokasi menitikberatkan pada penguasaan keahlian dan keterampilan terapan. Karena itulah Polimedia berusaha membangun konektivitas dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) dan mengoptimalkan sistem pembelajaran berbasis proyek yang berkolaborasi dengan industri.

“Sesuai dengan visi kami, Polimedia berusaha mengambil langkah-langkah strategis untuk menjadi lembaga vokasi yang unggul di bidang industri kreatif di Asia Tenggara pada tahun 2030,” ujar Tipri dalam keterangan resminya, Kamis (9/11/2023)



Tipri menyebutkan, Polimedia meningkatkan jumlah kerja sama pada tahun 2023 sebanyak 88 kerja sama dengan berbagai mitra kerja di bidang pengabdian masyarakat, penelitian bersama, penyelenggaraan seminar/konferensi ilmiah, magang, hingga membuka lapangan kerja bagi lulusan Polimedia.

Berdasarkan hasil penelusuran alumni Polimedia tahun 2022, sebanyak 85% lulusan telah terindentifikasi dan didapatakan hasil keterserapan sebesar 80,6%, yaitu 69% di antaranya bekerja, 9,8% wirausaha dan 1,8% studi lanjut

"Sampai akhir Oktober 2023, tracer studi Polimedia mencatat lulusan telah banyak bekerja di Industri. Adapun lainnya, alumni membuka lapangan kerja dengan melakukan wirausaha. Data ini masih terus kita finalkan sampai akhir tahun 2023." jelas Tipri.

Tipri berharap lulusan Polimedia sebanyak 1.022 wisudawan, terdiri dari 808 Diploma III dan 214 Sarjana Terapan yang mengikuti wisuda Polimedia periode November 2023, bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat selama perkuliahan dan terus meng-upgrade diri menuju Indonesia Emas 2045.

Sementara itu Direktur Polimedia Periode 2008-2012, Bambang Wasito Adi menjelaskan bahwa tantangan bonus demografi harus direspons dengan menghadirkan lulusan SDM unggul, berdaya saing, inovatif, kreatif, dan menguasai teknologi.

Hal ini disampaikan Bambang dalam Orasi Ilmiah bertemakan “Menjawab Tantangan Era Bonus Demografi Dan Era Industri 4.0 Melalui Penciptaan Masyarakat Kreatif Menuju Indonesia Emas 2045”

“Lulusan Polimedia harus memiliki kompetensi produksi sesuai bidangnya dan kompetensi wirausaha, sebab negara-negara dengan perekonomian maju berbanding lurus dengan jumlah wirausaha yang dimiliki,” ujarnya saat Wisuda Polimedia Angkatan XIII Tahun 2023 di Jakarta, Kamis (02/11/2023)
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2009 seconds (0.1#10.140)