10 Jurusan Kuliah IPA yang Diprediksi Bisa Menjamin Masa Depan untuk Perempuan

Jum'at, 10 November 2023 - 13:39 WIB
loading...
10 Jurusan Kuliah IPA yang Diprediksi Bisa Menjamin Masa Depan untuk Perempuan
Salah satu jurusan kuliah yang diprediksi sangat menjanjikan bagi perempuan adalah ilmu keperawatan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 10 jurusan kuliah IPA yang diprediksi bisa menjamin masa depan untuk perempuan. Memilih jurusan kuliah adalah hal yang gampang-gampang sulit, tak terkecuali bagi seorang perempuan.

Ada beragam jurusan kuliah IPA yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan dan minat pribadi. Dalam artikel kali ini akan merekomendasikan setidaknya ada 10 jurusan kuliah IPA yang diprediksi bisa menjanjikan masa depan cemerlang untuk perempuan, simak ya!

10 Jurusan Kuliah IPA yang Direkomendasikan untuk Perempuan


1. Kedokteran


Sebenarnya Jurusan Kedokteran cocok untuk siapa saja baik itu laki-laki ataupun perempuan. Namun, hingga kini jurusan Kedokteran masih menjadi jurusan populer yang kerap banyak dipilih oleh anak perempuan.

Sebelum kamu memilih Jurusan Kedokteran, pastikan kamu sudah siap mental dan fisik. Terlebih ketika nantinya kamu sudah memasuki masa Koas (co-assistant), tentunya kamu harus siap sedia jika diberikan tugas jaga pada malam hari.

Walaupun begitu, Jurusan Kedokteran masih dominan dipilih perempuan yang memiliki peminatan IPA. Sudah banyak pula perempuan yang mengisi berbagai profesi dokter di tanah air. Untuk itu, tak ada salahnya bukan jika jurusan yang satu ini kamu pertimbangkan?

2. Ilmu Keperawatan


Masih di dunia kesehatan, jurusan Ilmu Keperawatan juga selalu didominasi oleh perempuan. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari teori hingga teknologi terkini dalam perawatan kesehatan fisik dan psikis. Ketika lulus, kamu bisa menjadi perawat rumah sakit, atau perawat bagi lansia, perawat gigi, pengasuh anak atau bayi hingga menjadi seorang terapis.

Kini, sudah banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang membuka jurusan Ilmu Keperawatan ini. Beberapa perguruan tinggi negeri yang membuka jurusan ini antara lain ada Univesitas Padjajaran, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Farmasi


Farmasi adalah jurusan kuliah yang berhubungan erat dengan obat-obatan. Jika tertarik mengambil jurusan ini, maka kamu akan diajak untuk mempelajari struktur senyawa obat dan cara sintesisnya hingga cara mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi. Jurusan IPA yang satu ini terbilang masih cukup sepi peminatnya, padahal jurusan Farmasi memiliki prospek masa depan yang cerah.

Buat kamu yang gemar dengan pelajaran Kimia, jurusan Farmasi bisa kamu pilih. Kelak lulusan Farmasi diharapkan dapat menjadi ahli membuat, mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan.

4. Psikologi


Seperti yang kita ketahui, perempuan merupakan mahluk yang lebih perasa dan memiliki empati yang lebih tinggi untuk mendengarkan cerita orang lain. Dengan memilih jurusan ini, kamu bisa mempelajari pikiran, perilaku hingga mental manusia secara lebih mendalam.


Tak hanya itu saja, jurusan Psikologi akan mengajark kamu mengetahui pula alasan yang melatarbelakangi perilaku atau sikap individu. Jurusan Psikologi juga memiliki beberapa peminatan lagi di dalamnya, seperti Psikologi Klinis, Industri dan Organisasi, Psikologi Umum dan Eksperimental.

5. Astronomi


Buat kamu yang suka dengan pelajaran Fisika, tentunya Astronomi bisa menjadi jurusan kuliah yang kamu pertimbangkan. Jurusan yang satu ini akan mengajak kamu untuk mempelajari benda-benda langit.

Selain itu, Ilmu Astronomi akan menitikberatkan pada penerapan ilmu fisika terhadap objek di langit, hingga mempelajari struktur serta sifat fisik evolusi alam semesta beserta isinya dan kosmologi. Diketahui, Ilmu Astronomi terbagi menjadi tiga keahlian, yakni Tatasurya, Fisika Bintang dan Galaksi, serta Kosmologi.

6. Ilmu Gizi


Jurusan Ilmu Gizi juga menjadi salah satu jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan. Secara garis besar, jurusan ini mempelajari berbagai jenis nutrisi yang berhubungan dengan kehidupan manusia. Mulai dari gaya hidup, pengaturan makan atau diet, penyediaan informasi tentang asupan gizi, dan sebagainya.

Tak hanya itu saja, Ilmu Gizi juga akan mempelajari soal sektor pertanian, ekonomi, hingga sosial budaya. Kelak, lulusan Ilmu Gizi bisa menjadi seorang Praktisi Keluarga dan Umum, hingga seorang Ahli Diet dan Nutrisi.

7. Teknologi Pangan


Jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan lainnya adalah Teknologi Pangan. Di era modern ini, tentu saja kita membutuhkan produk makanan yang aman dan sehat dengan takaran gizi yang cukup bagi tubuh.

Di Jurusan Teknologi Pangan ini akan mengajak kamu untuk mempelajari mengenai komponen kimia dan biologis yang ada pada makanan. Tak hanya itu saja, kamu juga akan mempelajari tentang teknik pengawetan, proses produksi, pengemasan, penyimpanan dan distribusi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1502 seconds (0.1#10.140)