19 Sekolah Kedinasan Kemenhub yang Bisa Dijadikan Referensi Studi Ikatan Dinas

Sabtu, 11 November 2023 - 12:19 WIB
loading...
19 Sekolah Kedinasan Kemenhub yang Bisa Dijadikan Referensi Studi Ikatan Dinas
Salah satu sekolah kedinasan di bawah Kemenhub RI adalah PTDI STTD Bekasi yang menyelenggarakan pendidikan berbasis vokasi dan akademik bidang transportasi darat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 19 sekolah kedinasan di bawah Kemenhub yang bisa dijadikan referensi kamu kuliah ikatan dinas. Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memiliki 19 sekolah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Sekolah Kedinasan milik Kemenhub ini terbagi menjadi 3 matra, yakni darat, laut dan udara. Artikel kali ini akan membahas tuntas informasi 19 sekolah kedinasan di bawah Kemenhub, simak ya!

Info Lengkap Sekolah Kedinasan di Bawah Kemenhub


Kemenhub memiliki total 19 Sekolah Kedinasan yang terbagi menjadi 3 matra, yakni darat, laut dan udara.


Matra Darat


1. PTDI-STTD


Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) STTD Bekasi adalah perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan, yang menyelenggarakan pendidikan yang berbasis vokasi dan akademik dalam bidang transportasi darat. Sebelumnya, PTDI-STTD Bekasi ini dikenal dengan nama Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) saja.

Perubahan ini dilakukan pada 2019 itu diperlukan sebagai upaya dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang perhubungan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan.

Program Studi

1. Program Diploma IV Transportasi Darat
2. Program Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
3. Program Diploma III Manajemen Transportasi Perkeretaapian

2. PTKJ Tegal


Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan atau yang lebih dikenal dengan singkatan PKTJ adalah salah satu jenis perguruan tinggi kedinasan yang berada dalam naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia guna menyelenggarakan pendidikan, khususnya dalam bidang keselamatan transportasi darat. PTKJ Tegal berlokasi di Jl. Semeru No.3, Slerok, Tegal Tim, Kota Tegal, Jawa Tengah.

Program Studi

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Memiliki Beberapa Program Studi yang menjadi pilihan Taruna/I, yakni:

1. Program Diploma IV Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
2. Program Diploma IV Teknologi Rekayasa Otomotif
3. Program Diploma III Teknologi Otomotif

3. PPI Madiun


Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan milik Kemenhub yang berada di Madiun, Jawa Timur. Pada 2004, PPI Madiun masih berbentuk STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat) dan berlokasi di Bekasi.

Program Studi

1. Program Diploma III Teknik Bangunan dan Jalur Perkeretaapian
2. Program Diploma III Teknik Elektro Perkeretaapian
3. Program Diploma III Teknik Mekanika Perkeretaapian
4. Program Diploma III Manajemen Transportasi Perkeretaapian

4. POLTRADA Bali


Politeknik Transportasi Darat Bali (POLTRADA Bali) dulunya dikenal dengan sebutan Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) Bali. Namun, pada tahun 2019 maka Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat Bali berubah nomenklatur menjadi Politeknik Transportasi Darat Bali (POLTRADA Bali).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)