7 Sekolah Kedinasan Non Militer dan Tanpa Tes Fisik yang Perlu Diketahui Agar Tak Salah Daftar

Selasa, 14 November 2023 - 11:03 WIB
loading...
7 Sekolah Kedinasan Non Militer dan Tanpa Tes Fisik yang Perlu Diketahui Agar Tak Salah Daftar
Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN menjadi salah satu sekolah kedinasan yang tidak mensyaratkan tes fisik ala militer yang lazim diterapkan pada banyak sekolah kedinasan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 7 sekolah kedinasan non militer dan tanpa tes fisik yang perlu diketahui. Kamu lulusan SMA/SMK yang berniat melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi bisa memilih Sekolah Kedinasan.

Berbicara soal kulitas, sekolah kedinasan tidak pernah kekurangan peminat setiap tahunnya. Malah bisa dibilang hampir selalu meningkat bersamaan dengan berbagai alasan masing-masing. Salah satunya status PNS yang menjadi daya tarik utama sekolah kedinasan.

Seperti diketahui,untuk bisa mendaftarkan diri dan masuk ke Sekolah Kedinasan, ada salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh calon siswanya yakni kondisi fisik dan mental sehat serta prima. Maka dari itu tes fisik menjadi syarat utama di rata-rata sekolah kedinasan. Bahkan di sejumlah sekolah kedinasan, tes fisik ini mirip seperti diterapkan di militer.

Meski begitu, ada beberapa Sekolah Kedinasan yang hanya mewajibkan tipe kesehatan dasar dan tanpa diwarnai tes fisik ala militer. Apa saja sekolah kedinasan yang seperti itu? Artikel kali ini akan mengulasnya, simak ya!

7 Sekolah Kedinasan Non MIliter dan Tanpa Tes Fisik


1. PKN STAN


Untuk bisa masuk Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, kamu hanya diwajibkan untuk mengikuti serangkaian tes yang masuk dalam kategori Tes Kesehatan saja. STAN mewajibkan seluruh calon mahasiswa dan mahasiswinya untuk: Berbadan sehat dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika dan zat adiktif lainnya). Kriteria berbadan sehat adalah:

1. Mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik.
2. Mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi.
3. Mampu bergerak tanpa menggunakan alat bantu berjalan atau dengan menggunakan alat bantu berjalan selain kursi roda.
4. Tidak memiliki masalah kejiwaan yang dinyatakan dengan memenuhi persyaratan lulus pada Psikotes Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN tahun sebelumnya.

Khusus Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai ditambahkan syarat yang wajib dipenuhi baik calon peserta laki-laki maupun perempuan.

Jenis kelamin dan tinggi badan:

1) Spesialisasi Diploma I:
1. Laki-laki tinggi badan minimal 165 cm;
2. Perempuan tinggi badan minimal 155 cm;
2) Spesialisasi Diploma III:

Berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm;

1. Tidak cacat badan;
2. Tidak buta warna;dan
3. Untuk pengguna kacamata / lensa kontak minus (rabun jauh) dan / atau plus (rabun dekat) dan/atau silindris dapat diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri.

2. STIS – Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Daftar Sekolah Kedinasan selanjutnya yang non militer dan tak memberlakukan tes fisik pada calon siswanya adalah STIS atau Sekolah Tinggi Ilmu Statistik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0991 seconds (0.1#10.140)