6 Perbedaan Politeknik dan Universitas, Wajib Tahu sebelum Mendaftar

Jum'at, 17 November 2023 - 11:23 WIB
loading...
6 Perbedaan Politeknik dan Universitas, Wajib Tahu sebelum Mendaftar
Perbedaan politeknik dan universitas wajib diketahui calon mahasiswa sebelum mendaftar. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Perbedaan politeknik dan universitas wajib diketahui calon mahasiswa sebelum ikut pendaftarannya. Sebagian dari mereka masih menganggap kedua lembaga pendidikan tersebut sama.

Padahal, politeknik dan universitas punya perbedaan yang mencolok. Mulai dari orientasi pendidikan hingga gelar yang diterima setelah lulus nanti.

Untuk lebih memahami tentang perbedaan antara politeknik dan universitas, berikut ini daftar perbedaannya.

6 Perbedaan Politeknik dan Universitas


1. Orientasi Pendidikan


Politeknik akan lebih menekankan pendidikan praktis dan keterampilan teknis. Karena itu, sistem pendidikannya cenderung memberikan pelatihan yang lebih langsung terkait dengan kebutuhan industri atau pasar kerja tertentu.



Sedangkan universitas akan menawarkan pendidikan yang lebih umum dan lebih teoritis. Universitas memberikan lebih banyak penekanan pada aspek konseptual, teoritis, dan penelitian.

2. Jenis Program Studi


Politeknik umumnya menawarkan program-program terkait teknik, sains, dan teknologi, serta program-program profesional seperti manajemen bisnis, pariwisata, atau desain.

Sementara universitas menyediakan berbagai macam program studi, termasuk ilmu pengetahuan, humaniora, seni, hukum, dan banyak lagi.

3. Durasi Studi


Perbedaan politeknik dan universitas selanjutnya terletak pada durasi studi. Politeknik biasanya punya durasi yang lebih singkat, dengan penekanan pada penerapan langsung keterampilan praktis. Banyak program di politeknik berdurasi hanya tiga tahun.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1770 seconds (0.1#10.140)