5 Beasiswa S1 hingga S3 ke Luar Negeri Tanpa Syarat Esai, Deadline Masih 2024

Senin, 20 November 2023 - 11:44 WIB
loading...
5 Beasiswa S1 hingga S3 ke Luar Negeri Tanpa Syarat Esai, Deadline Masih 2024
Salah satu beasiswa ke luar negeri jenjang S1-S3 tanpa syarat esai adalah Romanian Government Scholarship dari Rumania yang deadlinenya Maret 2024. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 5 beasiswa jenjang S1-S3 ke luar negeri tanpa syarat esai. Punya pengalaman berburu beasiswa ke luar negeri? Atau sedang mencari informasi beasiswa luar negeri? Bagi kamu yang pernah mengajukan beasiswa ke luar negeri tentu sudah mahfum dengan esai yang menjadi salah satu syarat wajib mendaftar beasiswa ke luar negeri.

Esai untuk mendaftar beasiswa luar negeri berupa sebuah narasi tentang suatu topik tertentu. Dalam proses aplikasi beasiswa, ada beberapa jenis esai, misalnya: motivation letter, study plan, letter of statement, dan lain-lain.

Tidak semua orang atau calon mahasiswa bisa membuat esai yang baik dan memiliki peluang lolos. Tapi tenang saja, ternyata ada sejumlah beasiswa ke luar negeri jenjeng S1 hingga S3 yang tidak mensyaratkan esai, apa saja? Artikel kali ini akan membahasnya.

5 Beasiswa S1-S3 ke Luar Negeri Tanpa Syarat Esai


1. Romanian Government Scholarship


Beasiswa S1, S2 dan S3 ke Rumania ini punya kemudahan berupa tidak ada motivation letter. Deadline pendaftaran beasiswa ini masih Maret 2024.

2. Invest Your Talent in Italy


Beasiswa S2 ke Italia ini memberikan kemudahan berupa motivation letter diganti video perkenalan selama 1 menit. Deadline beasiswa ini berupa Februari/Maret 2024.


3. University of Science and Technology (UST) Scholarship


Beasiswa S2-S3 ke Korea memberikan kemudahan berupa menjawab pertanyaan singkat. Deadline pendaftaran beasiswa ini ditutup April 2024

4. The Banach Scholarship Program


Beasiswa S2 ke Polandia ini juga memberikan kemudahan berupa tidak adanya syarat membuat motivation letter. Deadline pendaftaran beasiswa ini Maret 2024 sehingga mahasiswa Indonesia masih bisa mencobanya.

4. MEXT Scholarship


Beasiswa S2-S3 ke Jepang ini juga memberikan kemudahan yakni hanya ada field of study dan research plan. Deadline pendaftaran beasiswa ini pada Juni 2024.

Tips Memperbesar Peluang Lolos Beasiswa Tanpa Syarat Esai


1. Perbanyak pengalaman non-akademik


Bikin CV akademik sebaik mungkin dengan pengalamanmu. Lebih baik lagi apabila pengalaman-pengalaman tersebut relate dengan bidang studi yang diminati.

2. Upgrade kemampuan bahasa Inggris


Meski tanpa syarat esai, namun ada syarat wajib lain untuk mendaftar beasiswa luar negeri yakni sertifikat bahasa Inggris. Misalnya IELTS/TOEFL. Pastikan skor bisa memenuhi persyaratan. Lebih baik lagi jika kamu punya skor lebih tinggi dibanding persyaratan yang diminta.

3. Riset beasiswa yang cocok


Sebelum menentukan program beasiswa, ada baiknya kamu melakukan riset beasiswa yang sesuai dengan kapasitas diri dan sesuai dengan kualifikasi.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0895 seconds (0.1#10.140)