5 Keuntungan Lulusan SNBT dan SNBP yang Perlu Diketahui Calon Mahasiswa Baru

Selasa, 21 November 2023 - 11:22 WIB
loading...
5 Keuntungan Lulusan SNBT dan SNBP yang Perlu Diketahui Calon Mahasiswa Baru
Salah satu keuntungan yang akan dirasakan oleh mereka lulusan jalur SNBT dan SNBP adalah lebih menghemat biaya pendidikan. Foto/Iaman Unair
A A A
JAKARTA - Ini 5 keuntungan lulusan SNBT dan SNBP yang perlu diketahui calon mahasiswa. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi ( SNBP ) merupakan jalur nasional penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri tanah air yang diadakan oleh pemerintah secara serentak.

Meski berbeda dengan Jalur Mandiri, lulusan SNBT dan SNBP ini ternyata juga memiliki keuntungannya tersendiri. Artikel kali ini akan membahas beberapa keuntungan yang didapatkan oleh lulusan SNBT dan SNBP, simak ya!

5 Keuntungan Lulusan SNBT dan SNBP yang Perlu Diketahui Calon Mahasiswa Baru


1. Menghemat Biaya Pendidikan


Keuntungan pertama yang akan dirasakan oleh mereka yang lulus melalui Jalur SNBT dan SNBP adalah lebih menghemat biaya pendidikan. Selain tidak perlu keluar biaya lagi untuk mengikuti berbagai tes saringan masuk, biaya kuliah di PTN juga biasanya lebih terjangkau karena sudah mendapatkan subsidi dari pemerintah. Biayanya biaya pendidikan lulusan SNBT dan SNBP masuk dalam golongan UKT 1 dan UKT 2.

2. Memiliki Waktu Luang yang Panjang


Pelaksanaannya yang lebih awal dari Jalur Mandiri tentunya bisa membuat kamu bernafas dengan cukup lega bila berhasil lolos ke PTN lewat jalur yang satu ini. Sebab, sisa waktu yang kalian miliki sebelum memulai perkuliahan, biasanya berselang cukup lama.
Pada waktu senggang tersebut, kamu pun bisa memanfaatkannya untuk pergi liburan, bermain, atau melatih sesuatu yang selama ini selalu tidak sempat kalian lakukan.


3. Memiliki Kebanggaan Tersendiri

Keuntungan selanjutnya ketika kamu masuk perguruan tinggi negeri melalui SNBT dan SNBP adalah memiliki perasaan bangga.
Namun, bukan berarti bangga untuk kemudian disombongkan melainkan perasaan bangga dari orangtua, kerabat, guru, teman dll.
Tentu kamu akan merasakan hal ini ketika kamu sudah benar-benar diterima melalui kedua jalur nasional ini.

4. Dapat Mempersiapkan Kebutuhan Perkuliahan Lebih Dini


Dinyatakan lulus jalur SNBT atau SNBP tentunya memberimu waktu yang lebih lapang untuk mengemasi persyaratan untuk registrasi ulang ke universitas tujuan. Serta keperluanmu pribadimu sebagai seorang calon mahasiswa baru pun dapat kamu persiapkan dengan tidak terburu-buru hingga masa perkuliahan dimulai.

Wajar saja, sebab pengumuman hasil SNBT dan SNBP diumumkan sebelum Jalur Mandiri dimulai.Ini tentu cukup menguntungkan sebab kamu yang berdomisili jauh dari lokasi universitas tujuanmu akan lebih leluasa untuk mengakomodasi keperluan hidupmu disana kelak seperti mencari kost dan lainnya.

5. Target Masa Depanmu Berada Satu Tahap Lebih Terarah


Secara sederhana, kamu sudah dapat sedikit lega sebab telah memiliki genggaman ketika dinyatakan lulus SNBT atau SNBP. Kamu sudah selangkah lebih awas dengan cita-citamu. Pun jika kamu lulus di jurusan yang bukan menjadi prioritasmu, tetap saja setidaknya kamu sudah berada di posisi yang terbilang cukup aman dibandingkan dengan rekanmu yang belum seberuntung dirimu.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1973 seconds (0.1#10.140)