Dinilai Membosankan, Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kampus Perlu Diubah

Selasa, 21 November 2023 - 17:03 WIB
loading...
Dinilai Membosankan, Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kampus Perlu Diubah
Ketua ADOBSI Rohmadi dan Dewan Pakar ADOBSI Prof Endry Boeriswati. Foto/ADOBSI.
A A A
JAKARTA - Pembelajaran mata kuliah Bahasa Indonesia saat ini dinilai membosankan. Metode pembelajarannya pun perlu diubah sehingga metode perkuliahannya tak sebatas ceramah saja dan juga bukan sekadar mengasah kemampuan menulis mahasiswa semata.

Ketua Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) Rohmadi mengatakan, berdasarkan penelitian yang dilakukan pihaknya salah satu temuan menarik adalah pembelajaran bahasa Indonesia yang saat ini masuk pada Mata Kuliah Wajib Kurikulum (MKWK) hanya sebatas ceramah.

"Misalnya mahasiswanya ada 100, dosen ceramah di depan namun di belakang (mahasiswa) menggambar atau WA tanpa diperhatikan. Itu yang harus kita ubah," katanya pada diskusi secara daring, dalam keterangan resmi, Selasa (21/11/2023).

Hal ini pula yang dikeluhkan peserta seminar ADOBSI di Solo. Dari 128 perwakilan dari 34 provinsi rata-rata menyatakan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi membosankan karean dari dulu sampai saat ini itu-itu saja yaitu mengajarkan tata tulis dalam menulis skripsi seperti membuat kutipan, citasi, daftar pustaka yang mana saat ini hal seperti sudah bisa dikerjakan oleh AI misalnya Mendeley.

Baca juga: 10 Contoh Soal Teks Fiksi untuk Siswa Kelas 6 SD, Membangun Imajinasi

Di samping itu, tambahnya, banyak kampus yang tidak memiliki dosen tetap pengampu mata kuliah MKWK sehingga seolah-olah mata kuliah MKWK adalah tamu di rumah sendiri.

Dia mengatakan, agar pembelajaran bahasa Indonesia di perkuliahan tidak lagi menjenuhkan dan membosankan pihaknya pun akan berkoordinasi dengan koordinator MKWK di masing-masing kampus untuk dilakukan pembenahan.

Menurutnya, yang pertama yang harus dilatih adalah para dosen bahasa Indonesia untuk berubah mindsetnya bahwa tipe mahasiswa saat ini berbeda. Dosen, jelasnya, harus bisa menyampaikan materi berbasis kebutuhan era generasi Z dan era digital.

Kemudian teknik pembelajarannya juga harus berbasis projek atau berbasis masalah sehingga metode pembelajarannya dikemas dengan baik, bukan sekedar ceramah melainkan mahasiswa pun bisa berinteraksi dengan dosen.

Baca juga: 7 Contoh Teks Sejarah Pribadi Singkat Beserta Strukturnya

Kemudian dosen-dosen harus memiliki kompetensi sebagai entertain yakni bagaimana membuka ruang komunikasi yang baik atau memiliki strategi menyampaikan yang efektif sehingga pembelajaran bahasa Indonesia pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1820 seconds (0.1#10.140)