6 Jurusan Saintek yang Menjanjikan Gaji Tinggi untuk Lulusannya di Dunia Kerja, Ini Juaranya

Rabu, 22 November 2023 - 11:17 WIB
loading...
6 Jurusan Saintek yang Menjanjikan Gaji Tinggi untuk Lulusannya di Dunia Kerja, Ini Juaranya
Salah satu jurusan Saintek prospektif adalah teknik sipil. Lulusan teknik sipil bisa bekerja sebagai seorang kontraktor, konsultan konstruksi, surveyor tanah, dan lain sebagainya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 6 jurusan rumpun Saintek atau IPA yang menjanjikan lulusannya gaji besar di dunia kerja. Apakah kamu masih bingung menentukan pilihan jurusan kuliah?

Sejumlah jurusan rumpun Saintek ini bisa kamu pertimbangkan karena diperkirakan menjanjikan gaji besar lulusannya ketika terjun ke dunia kerja. Jurusan apa saja? Artikel kali ini secara khusus akan membahas 6 jurusan Saintek atau IPA yang diprediksi menjanjikan gaji besar bagi lulusannya di dunia, simak ya!

6 Jurusan Saintek/ IPA yang Menjanjikan Lulusannya Gaji Besar di Dunia Kerja


1. Jurusan Matematika


Banyak orang yang mengira bahwa lulusan dari jurusan satu ini hanya menjadi guru maupun dosen. Apalagi saat mendengar nama jurusan Matematika, banyak yang merasa bahwa jurusan satu ini terdengar begitu menakutkan. Padahal, jurusan ini memiliki cakupan yang begitu luas dan menyenangkan untuk dipelajari.

Jika kamu senang dan tertarik dengan angka, maka jurusan satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Lulusan dari jurusan ini nantinya juga bisa bekerja dalam bidang IT seperti misalnya programming, coding, data scientist, aktuaris, editor, dan masih banyak lagi yang sebagainya.

Bidang pekerjaan tersebut membutuhkan kemampuan seseorang dalam melakukan pengolahan data serta angka. Di sisi lain, gaji yang ditawarkan untuk posisi pekerjaan tersebut juga begitu tinggi. Mengingat juga dalam zaman seperti sekarang ini, posisi tersebut akan selalu dibutuhkan di perusahaan mana saja. Bahkan kamu bisa bekerja di pemerintahan maupun perusahaan swasta.

2. Jurusan Teknik Sipil


Buat kamu yang suka menghitung serta menggambar, maka jurusan Teknik Sipil ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Pada umumnya, kamu akan belajar mengenai bangunan di jurusan satu ini.

Tidak hanya itu, pada jurusan ini kamu juga akan mempelajari tentang perancangan, pembangunan, hingga pemeliharaan dari sebuah bangunan maupun fasilitas umum. Jika sebuah negara memiliki rencana dan keinginan untuk maju serta berkembang, maka perlu memperbaiki dari sisi infrastrukturnya.



Hal ini pula yang membuat lulusan dari jurusan ini akan selalu dibutuhkan. Lulusan dari jurusan Teknik Sipil bisa bekerja sebagai seorang kontraktor, konsultan konstruksi, surveyor tanah, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa memilih untuk bekerja dalam bidang perencanaan serta pengembangan real estate. Pekerjaan tersebut menawarkan gaji yang terbilang cukup tinggi. Apalagi kemampuan dari lulusan jurusan ini akan selalu dibutuhkan dalam masa depan nanti.

3. Jurusan Teknik Perminyakan


Jurusan satu ini sama seperti jurusan Teknik Sipil juga akan masih banyak dibutuhkan dalam lima tahun nanti. Salah satu alasan mengapa jurusan Perminyakan sendiri selalu memiliki peminat yang tinggi yaitu berkaitan dengan prospek kerjanya.

Kamu bisa memilih untuk bekerja sebagai seorang insinyur kimia, petroleum accountant, energy economist, dan masih banyak lagi yang lainnya. Gaji yang ditawarkan untuk berbagai pekerjaan tersebut juga bisa dibilang cukup besar dan tinggi. Apalagi di Indonesia sendiri juga memiliki banyak perusahaan yang bekerja dalam bidang perminyakan.

4. Jurusan Arsitektur


Melalui jurusan ini, kamu nantinya akan belajar tentang ilmu yang berhubungan dengan perencanaan, desain, serta konstruksi bangunan. Melakukan hal tersebut juga mempertimbangkan banyak faktor lainnya.

Kamu nantinya dituntut untuk dapat mempertimbangkan faktor seperti estetika, struktur, dan lingkungan dari bangunan tersebut.
Saat seorang arsitektur mampu untuk menerapkan semua hal tersebut, maka akan menghasilkan sebuah bangunan penuh dengan nilai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6526 seconds (0.1#10.140)