Kisah Ricky Elson, Doktor Lulusan Jepang Pembuat Mobil Listrik Pertama di Indonesia

Rabu, 22 November 2023 - 14:24 WIB
loading...
Kisah Ricky Elson, Doktor Lulusan Jepang Pembuat Mobil Listrik Pertama di Indonesia
Mobil listrik Selo buatan Ricky Elson menjadi pelopor industri mobil listrik di Indonesia. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nama Ricky Elson mungkin tidak asing lagi bagi pengamat dan pencinta mobil listrik di Tanah Air. Sebab, dia merupakan salah satu orang pertama di Indonesia yang berhasil menciptakan mobil listrik.

Sebelum menekuni bidang otomotif yang berbasis kelistrikan, Ricky lebih dulu menempuh pendidikannya di negara Jepang. Di sana dia telah menyelesaikan program doktoral dalam bidangnya itu.

Kisah Ricky pun kini menjadi inspirasi bagi anak muda Indonesia untuk membanggakan bangsa dan negara. Adapun kisah inspiratif dari Ricky Elson adalah sebagai berikut.

Kisah Ricky Elson Pembuat Mobil Listrik


Ricky Elson merupakan seorang pria asal Padang, Sumatera Barat, yang memiliki minat besar terhadap mesin, khususnya mesin Formula Satu (F1). Untuk mewujudkan mimpinya, dia menempuh pendidikan di jurusan teknik mesin Universitas Andalas dan melanjutkan ke jurusan Teknik Mesin di Politeknik University of Jepang.



Di Jepang, Ricky Elson bekerja sebagai ahli dalam motor penggerak listrik dan berhasil mematenkan 14 teori motor listrik yang ia kembangkan. Dia juga mendapatkan gelar doktor di bidangnya dan menjadi dosen tamu di beberapa universitas di Jepang.

Pada tahun 2012, Ricky Elson kembali ke Indonesia. Dia bergabung dengan tim Putra Petir, yang dipimpin oleh mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan, untuk mengembangkan mobil listrik nasional.

Ricky menjadi salah satu orang jenius yang mampu menciptakan mobil listrik sport generasi pertama, yaitu Tucuxi, dan generasi kedua, yaitu Selo.

Tucuxi adalah mobil listrik yang terlihat seperti Ferrari, yang dibuat oleh Ricky Elson bersama Danet Suryatama. Mobil ini sempat diuji coba oleh Dahlan Iskan, namun mengalami kecelakaan saat menabrak tebing di daerah Sarangan, Magetan, Jawa Timur, pada 23 Desember 2012. Meski demikian, mobil ini tetap menjadi bukti kemampuan Ricky Elson dalam merancang mobil listrik.

Selo adalah mobil listrik yang terlihat seperti Lamborghini, yang dibuat oleh Ricky Elson dan tim. Mobil ini dipersiapkan untuk dipertunjukkan di KTT APEC di Bali, pada 5-6 Oktober 2013.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1746 seconds (0.1#10.140)