Riwayat Pendidikan Agus Subiyanto, Panglima TNI yang Baru Dilantik

Kamis, 23 November 2023 - 10:32 WIB
loading...
Riwayat Pendidikan Agus Subiyanto, Panglima TNI yang Baru Dilantik
Jenderal TNI Agus Subiyanto baru dilantik sebagai Panglima TNI terhitung sejak 22 November 2023 untuk menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono. Foto/Aldhi Chandra Setiawan
A A A
JAKARTA - Riwayat Pendidikan Agus Subiyanto menarik diketahui. Agus Subiyanto baru saja dilantik sebagai Panglima TNI terhitung sejak 22 November 2023. Ia menerima tugas tersebut untuk menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang sudah memasuki masa pensiun.

Penunjukan Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI yang baru mendapat dukungan dan apresiasi dari berbagai pihak. Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Agus Subiyanto adalah sosok yang memiliki kompetensi, integritas, dan loyalitas yang tinggi terhadap negara dan bangsa.

Semua yang dimilikinya tentu berkat hasil pendidikan yang pernah diraih sejak kecil. Selain pendidikan militer, rupanya ada sejumlah gelar akademik yang pernah diraihnya.

Riwayat Pendidikan Agus Subiyanto


Jenderal TNI Agus Subiyanto lahir di Cimahi, Jawa Barat pada 5 Agustus 1967. Sejak usia 5 tahun, ia sudah ditinggal pergi oleh ibunya dan hanya hidup bersama sang ayah.



Dalam riwayatnya, Agus lulusan dari SDN Baros Mandiri 4 Cimahi (1974–1980), kemudian SMPN 2 Cimahi (1980–1983), dan melanjutkan di SMAN 13 Bandung (1983–1986).

Kisah pahit hidupnya dimulai ketika Agus duduk dibangku kelas 2 SMA. Saat itu, ayahnya Dedi Unadi yang juga seorang prajurit TNI berpangkat Sersan Kepala meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas pada 1984.

Sebelum meninggal, sang ayah kerap menyampaikan harapan agar Agus ikuti jejaknya sebagai tentara. Selepas SMA pada 1986, Agus Subiyanto mengikut tes di Sekolah Calon Bintara Kodam III/Siliwingi.

Hasilnya dia dinyatakan tidak lulus tapi direkomendasikan mengikuti Sekolah Calon Perwira tanpa tes. Tak paham maksudnya, Agus justru memutuskan melamar sebagai satuan pengamanan mal Internusa di Bogor, namun ditolak.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2388 seconds (0.1#10.140)